Polda Sumsel Gelar Tradisi Pengambilan Air Suci

43
Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-77, Polda Sumsel menggelar acara tradisi pengambilan dan penyerahan air suci.(BP/IST)

Palembang, BP- Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-77, Polda Sumsel menggelar acara tradisi pengambilan dan penyerahan air suci.

Dipimpin Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M Zulkarnain SIK MSI di halaman VVIP Mapolda Sumsel Senin (12/6).

Prosesi tersebut, dilakukan di sumber mata air dari pegunungan di Kota Pagar Alam yang berjarak sekitar 291,3 KM dari kota Palembang.

Baca Juga:  IRT Akhiri Hidup Gantung Diri di Palembang

Wakapolda melalui Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Supriadi MM menjelaskan, bahwa pengambilan air ini akan dipergunakan untuk menyiram panji-panji Polri pada peringatan HUT ke-77 Bhayangkara pada 1 Juli 2023 nanti.

 

“Air suci yang diambil ini, nantinya akan dikirim ke Mabes Polri untuk dijadikan satu dengan 34 Polda jajaran se-Indonesia,” katanya.

Baca Juga:  Pembangunan Ponpes Lansia Husnul Khatimah  ,Kiai Marogan Terus Dikebut

Dia menjelaskan, dipilihnya lokasi sumber air ini karena memiliki nilai historis yang kuat bagi masyarakat khususnya masyarakat Sumatera Selatan.

“Pengambilan air ini sendiri, tidaklah sembarangan. Jadi setelah air diambil dan dimasukkan ke dalam kendi selanjutnya air tersebut dikawal oleh personel Sat Brimob Polda Sumsel dengan membawa bendera merah putih,” kata  Supriadi.

Lebih lanjut perwira berpangkat melati tiga tersebut, menjelaskan makna dari kegiatan ini adalah menanamkan rasa kebanggaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan kebanggaan terhadap kesatuan yaitu Polri.

Baca Juga:  Zulkifli Ajak Ibu-ibu Muslimah Tolak Politik Uang

“Oleh sebab itu, untuk bisa mendapatkan air suci tersebut dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan, sebagai wujud penghargaan dan penghormatan terhadap kearifan lokal tempat kami bertugas,” katanya.#udi

 

 

Komentar Anda
Loading...