LKPI  Prediksi Prabowo-Gibran Menang di Sumsel

114
BP/IST
Direktur Eksekutif LKPI, Arianto 

Palembang, BP- Pasangan  calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih unggul di provinsi Sumatera . Keunggulan paslon yang diusung partai Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PSI dan Gelora ini secara statistik  dalam katagori unggul signifikan dari dua rivalnya paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Demikian  diungkapkan Direktur eksekutif Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI), Arianto, ST, MT, M.IKOM,POL, Jumat (9/1).

“Dukungan paslon Prabowo-Gibran secara konsisten tetap berada diurutan teratas sampai saat survei di gelar. Secara berurutan elektabilitas tiga paslon adalah Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (60,2 %), Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (19,8 %), Ganjar Pranowo-17,6 %), massa yang belum menentukan pilihan (2,4 %). Dari trend survei yang telah digelar, pasangan  Prabowo-Gubran elektabilitasnya masih bertenger di posisi teratas dan belum pernah terjadi penurunan dari dua rival utamanya. Trend  Prabowo-Gibran ini memang secara statistik konsisten dan dikatagorikan unggul signifikan,” ungkap  mantan kordinator Lembaga Survei Indonesia (LSI),

Baca Juga:  Peringati HUT Ke-17, Ketua Hanura Sumsel  Ingatkan Pentingnya Arti Kesetiaan Kader 

Kuatnya dukungan paslon yang terkenal dengan joget gemoi ini, lanjut lembaga yang tergabung dalam Perkumpulan Survei Opini Publik (PERSEPI) disebabkan salah satunya adalah persepsi pemilih terhadap tingkat kepuasan presiden Jokowi yang mencapai di atas 78 %. Effek ini terlihat banyak mengerus pemilih yang tadinya berada di basis  paslon Ganjar-Mahfud dan beralih ke paslon Prabowo Gibran.

Dukungan tambahan dari Prabowo-Gibran juga  didapatkan dari limpahan suara pemilih yang tadinya masih belum menentukan pilihan dan pemilih yang masih akan mengubah pilihan ke salah satu paslon capres/cawapres lainnya. Dalam konteks ini, paslon Anies-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD tidak begitu besar mendapatkan  dukungan elektoral dari massa yang belum menentukan pilihan dan massa yang akan mengubah pilihan.

“ Potret survei menunjukkan bahwa Arus dukungan yang berubah pilihan pada paslon capres/cawapres lebih dominan didapatkan Prabowo-Subianto dibandingkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Selain itu, kerja politik Tim sukses/tim pendukung/simpatisan Prabowo-Gibran lebih massive turun ke lapangan dalam mendekati dan meyakinkan pemilih untuk memilih calon tersebut. Dalam indikator sosialisasi yang kita potret,  didapatkan paslon Prabowo-Gibran juga lenih unggul. Satu yang lebih menonjol adalah, tingkat kepuasan  Presiden Jokowi cukup besar sehingga  pemilih yang tadinya masih belum menentukan pilihan dan masih belum mantab pilihannya ternyata  mengalir  lebih dominan  ke Prabowo-Gibran ketimbang paslon Anis-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud,” ungkap mantan auditor survei capres partai Demokrat ini.

Baca Juga:  Ketua MPR Dorong Kerja Sama Pengembangan Vaksin Covid-19

Ketika ditanya media, apakah akan terjadi satu putaran dalam pemilihan yang akan digelar 14 Febuari 2024. Lulusan terbaik magister ilmu komunikasi politik ini dengan lugas mengatakan, peluang satu putaran  masih terbuka yang bisa dimenangkan Prabowo-Gibran namun, angkanya masih berada dalam batas  tingkat kesalahan (marjin of error) survei. Secara nasional,  lelaki yang  biasa disapa dengan nama Iyan ini menambahkan, untuk  survei tingkat nasional, Prabowo-Gibran berada di posisi 51 %. Angka ini masih cukup rentan untuk  melibas satu putaran tapi berpotensi bisa satu putaran.

Baca Juga:  Setiap Akhir Pekan, H Amir Serap Aspirasi Masyarakat 

“Pastinya, ada sekitar tiga  hari lagi pemilu akan digelar. Peluang satu putaran atau dua putaran pilpres akan terjadi masih terbuka lebar. Tinggal lagi, partisipasi pemilih paslon capres mana yang lebih militan akan datang ke TPS mengingat hal ini akan sangat menentukan perolehan suara capres/cawapres di akhir perhitungan resmi KPU nnati,” tutup leleki yang gemar memakai baju batik ini dengan lugas.

Survei LKPI di Sumsel  digelar 30 Januari-6 Febuari 2024 dengan melibatkan 820 responden (82 desa/kelurahan) yang tersebar di kabupaten dan kota  di Sumatera Selatan secara proporsional. Marjin off error +/-3,5 % dengan selang kepercayaan 95 % dan menggunakan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan tatap muka dan semua pewawancara mahasiswa dari Kota Palembang.#udi

 

 

Komentar Anda
Loading...