Kakanwil Kemenkumham Sumsel Hadiri Pembentukan Forum Anak Program Inklusi di LPKA Palembang

29

PALEMBANG, BP – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Dr. Ilham Djaya menghadiri Pembentukan Forum Anak Program Inklusi di LPKA Kelas I Palembang, Selasa (30/5/2023).

Ketua Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Sumsel, Amirul Husni mengatakan Forum Anak ini merupakan wadah untuk menyampaikan aspirasi dalam rangka pemenuhan hak anak yang berhadapan dengan hukum.

“Forum Anak di LPKA ini juga dapat dilibatkan pada setiap kegiatan forum anak tingkat Kota Palembang, agar masyarakat lebih intens dalam memberikan support pada anak, sehingga tidak ada lagi stigma-stigma negatif yang melekat pada anak didik pemasyarakatan,” ungkap Amirul.

Baca Juga:  Anak AG Divonis 3 Tahun 6 Bulan Penjara Dalam Kasus Penganiayaan David

Selanjutnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Provinsi Sumsel, Henny Yulianti dalam sambutannya memberikan apresiasi dan menyambut baik inisiasi dari PKBI Sumsel yang bekerja sama dengan Kanwil Kemenkumham Sumsel dalam mengukuhkan Forum Anak ini.

“Pemerintah Provinsi Sumsel melalui DPPPA juga memiliki forum anak yang keanggotaannya berasal dari 17 Kab/Kota di Provinsi Sumsel,” terang Henny.

“Tujuan forum anak adalah untuk melakukan pembinaan dan pendampingan kepada anak, sehingga ketika keluar dari LPKA bisa diterima oleh keluarga dan lingkungan sekitar, serta sekolah,” lanjutnya.

Baca Juga:  Temui Sekda Muara Enim, Kakanwil Ilham Djaya Bahas Implementasi Hukum dan HAM di Daerah

Kepala LPKA Palembang, Hamdi Hasibuan memimpin langsung prosesi pelantikan kepengurusan forum anak bagi andikpas pada LPKA Palembang. Hamdi menjelaskan bahwa sebanyak 7 orang andikpas yang dilantik dalam kepengurusan forum anak tersebut. Selanjutnya, sertifikat pelantikan diserahkan langsung oleh Kakanwil, Ilham Djaya, Kadin DPPPA Sumsel, Ketua PKBI Sumsel, serta Kepala LPKA Palembang secara bergantian.

Dalam sambutannya, Kakanwil Ilham Djaya mengatakan pembentukan Forum anak ini merupakan sebuah langkah pasti dalam pemenuhan hak anak yang berhadapan dengan hukum. Kakanwil berharap dengan terbentuknya forum anak yang berhadapan dengan hukum di LPKA Kelas I Palembang ini, para ABH dapat dilibatkan pada kegiatan forum anak ditingkat Kota Palembang dan kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya sebagai bekal untuk memberikan dampak positif ketika mereka kembali ke masyarakat.

Baca Juga:  Pengrusakan Komplek Pemakaman Pangeran Kramo Jayo Diadukan AMPCB Ke  Komisi X DPR RI

“Besar harapan saya instansi-instansi terkait terus memberikan dukungan dan komitmen kepada kami dalam pemenuhan hak anak berhadapan dengan hukum di LPKA Kelas I Palembang sehingga kegiatan ini akan terus berjalan secara maksimal,” tutup Kakanwil.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi, Herastini, pejabat struktural dan jajaran LPKA Kelas I Palembang, serta perwakilan stakeholder. #rel/riz

Komentar Anda
Loading...