Semangat Persatuan, Jajaran Kemenkumham Sumsel Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila

15

PALEMBANG, BP-Hari Lahir Pancasila tahun 2024 turut diperingati segenap pegawai di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan. Mengangkat tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”, upacara dilaksanakan di Halaman Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Sabtu (1/6/2024).

Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Kelas I Palembang, Saverius Essau Gustaf Johannes selaku Inspektur Upacara. Peserta upacara yg hadir merupakan perwakilan Unit Pelaksana Teknis se-Kota Palembang yakni, Lapas Kelas I Palembang, LPKA Kelas I Palembang, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Lapas Perempuan Kelas IIA Palembang, Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin, Rutan Kelas I Palembang, Bapas Kelas I Palembang , Rupbasan Kelas I Palembang.

Baca Juga:  Isnaini Madani Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi Pembangunan Masjid Raya Sriwijaya

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara membacakan Pidato Sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia dengan poin.
“Tema kali ini mengandung arti bahwa Pancasila menyatukan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat”, kata Saverius.

Pancasila, lanjutnya, memiliki makna sebagai meja statis untuk mempersatukan segenap bangsa Indonesia, dan sebagai Leitstar dinamis utk menuntun dan membawa Indonesia kepada gerbang kemajuan dan kemakmuran. Pancasila juga harus menjadi filter dalam mengakses informasi yang terus berkembang dalam kemajuan teknologi informasi, khususnya bagi kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa di masa mendatang.

Baca Juga:  Oknum Wartawan Bisnis Sabu Ditangkap

Inspektur upacara mengajak seluruh peserta upacara untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila, bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Dengan penuh semangat dan semarak mengenakan pakaian adat, pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 berjalan dengan penuh khidmat. #man/rel

Komentar Anda
Loading...