Imigrasi Palembang Tingkatkan Pelayanan “eazy passport”

21

PALEMBANG, BP- Salah satu Unit Pelaksana Teknis Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan yakni, Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang pada 2024, menargetkan peningkatan pelayanan eazy passport atau pembuatan paspor sistem jemput bola secara kolektif kepada masyarakat di enam kabupaten/kota dalam wilayah Sumatera Selatan.

“Sepanjang 2023, dilakukan 30 kali pelayanan jemput bola kepada ribuan warga, pada tahun ini ditargetkan meningkat dengan sasaran yang lebih luas,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Ridwan di Palembang, Rabu.

Pelayanan tersebut dilakukan kepada masyarakat di enam wilayah kerja meliputi Kota Palembang, Prabumulih, Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir yang tidak memiliki waktu datang ke Kantor Imigrasi di Palembang untuk membuat paspor baru atau penggantian buku/perpanjang masa berlaku pada hari kerja. Dia menjelaskan mengenai teknis pelayanan eazy passport, kelompok masyarakat, instansi pemerintah dan swasta silakan mengajukan permohonan ke Kantor Imigrasi Palembang dan pemohon menyiapkan dokumen persyaratan, seperti KTP, KK, akta kelahiran, ijazah atau surat nikah (pilih salah satu) salinan beserta dokumen aslinya.

Baca Juga:  Buwas Bidik Tim Kesehatan Pilkada Sumsel

Layanan eazy passport merupakan pengembangan pelayanan paspor simpatik yang dibuka pada momentum tertentu setiap akhir pekan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam membuat paspor.

Pelayanan paspor simpatik untuk membantu masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk melakukan pengurusan paspor, dapat memanfaatkan kesempatan pelayanan khusus di akhir pekan guna memudahkan masyarakat mengurus dokumen keimigrasian.

Baca Juga:  Kemenkumham Sumsel Perkuat Sistem Pengelolaan Kepegawaian

“Pengembangan layanan pembuatan dokumen keimigrasian tersebut sesuai dengan slogan ‘Kamu di Rumah Aja Petugas Imigrasi Datangi Kamu’,”
ujar Ridwan.

Sementara Kepala Seksi Lalu lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Adeb Yoenoes menambahkan selain masyarakat umum, pihaknya juga melayani permohonan eazy passport dari instansi pemerintah dan swasta, BUMN, warga perumahan, lingkungan pendidikan, seperti sekolah, pesantren, asrama, kampus perguruan tinggi, serta lingkungan organisasi.

Pelayanan pembuatan paspor jemput bola secara kolektif itu mulai banyak dimanfaatkan masyarakat, untuk lebih memasyarakatkan layanan itu, pihaknya terus berupaya melakukan sosialisasi kepada berbagai pihak dan lapisan masyarakat di enam kabupaten/kota yang berada dalam wilayah kerja Kantor Imigrasi Palembang. Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya mendorong UPT Keimigrasian di Palembang dan Muara Enim untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga:  11.302 Narapidana dan Anak Binaan di Sumsel Terima Remisi HUT RI, 210 Langsung Bebas

Capaian kinerja yang cukup baik yang dilakukan pada 2023, diminta untuk lebih baik lagi pada tahun ini, sehingga dapat memenuhi harapan masyarakat dan meningkatkan penerimaan negara dari pelayanan tersebut

“Capaian pelayanan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Palembang pada 2023, yakni 42.899 paspor biasa dan 12.794 paspor elektronik dengan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) mencapai Rp28,8 miliar. Ini merupakan hasil konkret dari program unggulan yang terus digencarkan, salah satunya eazy passport,” kata Ilham. #man/rel

Komentar Anda
Loading...