Nasdem Berpotensi Unggul di Lubuk Linggau

42
Fauzi Amroh dan Arianto, St, MT, M, Ikom, Pol (BP/IST)

Palembang, BP- Partai Nasional Demokrat (Nasdem) berpotensi unggul  di Kota Lubuk Linggau  pada pemilu yang akan digelar 14 Febuari 2024. Partai  yang mengusung jagoan capres dan cawapres Anies R Basewdan-Muhaimin Iskandar,  elektabilitasnya (saat survei digelar) menempati urutan teratas dan bersaing ketat dengan partai Gerindra dan Golkar. Keunggulan partai yang mengusung gerakan perubahan dan perbaikan ini tak lepas dari kerja keras dan cerdas dari  semua caleg DPRD Kota Lubuk Linggau yang akan maju pada pemilu 14 Febuari 2024. Demikian diungkapkan Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI), Arianto, St, MT, M, Ikom, Pol, disela-sela paparan survei,  Minggu (3/12).

“Survei LKPI memotret tingkat pengetahuan masyarakat terhadap pemilu yang akan digelar 14 Febuari 2024. Kita juga memotret peluang 18 partai politik  pilihan masyarakat  (elektabilitas) khusunya  legislative DPRD Kota Lubuk Linggau yang jumlahnya  ada empat daerah pemilihan (Dapil). Elektabilitas partai politik pada simulasi pertanyaan semi tertutup dengan menyodorkan simulasi specimen  gambar partai politik didapatkan  partai Nasdem menempati urutan teratas. Urutan selanjutnya adalah  partai Gerinda, Golkar, PDI-P, PKB dan PKS,” ungkap mantan kordinator peneliti Lembaga Survei Indonesia (LSI) ini dengan lantang.

Baca Juga:  Habiskan Dana Ratusan Juta, Bawaslu Sumsel Harus Diberi Sangsi

Secara berurutan dan terperinci, lembaga yang tergabung dalam Perkumpulan Survei Opini Publik Indonesia (PERSEPI) ini menambahkan, dukungan (elektabilitas) parpol adalah sebagai berikut. Nasdem (19,8 %), Gerindra ( 16 %), Golkar (15 %), PDI-P ( 11,5 %), PKB (10,1 %), PKS (6,9 %), Demokrat ( 4 %), Hanura ( 1,2 %), PBB (0,9 %), PAN (0,7 %), Gelora (0,4 %), PPP ( 0,3 %), PKN ( 0,3 %), PSI (0,1 %), Perindo (0,1 %), Garuda ( 0,0 %), Buruh ( 0, 0 %), Ummat ( 0,0 %) dan massa mengambang yang belum menentukan pilihan (12,7 %).  Kuatnya tarikan elektoral partai yang mengusung gerakan politik tanpa mahar  dilanjutkan pria yang gemar memakai baju batik ini diantaranya gencarnya/sosialisasi dari para caleg/Tim sukses/Tim pendukung/ relawan, simpatisan partai Nasdem yang frekuensinya  sangat intens menemui masyarakat langsung. Faktor  ketua partai Nasdem H Rachmat Hidayat/ Yoppy Karim yang   sudah lama  bersosialisasi di masyarakat  dengan membawa program Nasdem  dan sudah menanamkan modal sosial dan politik juga membuat partai Nasdem berhasil unggul meskipun  belum  signifikan dari partai politik lainnya.

“Faktor  seringnya anggota DPR RI partai Nasdem Fauzi H Amro turun  menyerap aspirasi masyarakat kota Lubuk Linggau juga merupakan salah satu faktor pendongkrak kuat naiknnya elektabilitas  partai Nasdem. Ada beberapa indikator yang kita pakai  mengukur  kuatnya elektoral partai politik. Diantaranya adalah partai politik yang sering dirasakan masyarakat turun  untuk menyerap aspirasi, memiliki program kerja yang bagus, kader/caleg yang pintar serta alat sosialisasi yang paling sering dan paling menarik dilihat masyarakat. Temuan survei menunjukkan partai Nasdem  menempati urutan pertama sebagai partai yang  dipersepsikan masyarakat sering turun menyerap aspirasi dan memiliki program kerja yang bagus. Dua indikator lainnya tadi, Nasdem menempati urutan kedua. Partai Gerindra, Golkar dan PDIP serta PKB juga menempel ketat dalam  kriteria tersebut,” ungkap mantan auditor survey capres partai Demokrat ini.

Baca Juga:  Terjatuh dari Mobil Lalu Terseret, YN Laporkan Suami ke Polisi

Ketika ditanya, apakah ada potensi besar Nasdem meraih pimpinan kursi DPRD Kota Lubuk Linggau  mendatang. Pria yang biasa disapa dengan nama Iyan ini menambahkan, potensi itu ada dan cukup besar. Nasdem, Gerindra, Golkar memiliki potensi itu karena trend elektabilitasnya  tergolong baik. Kedepan dipastikan aka nada gejolak elektabilitas antar  partai karena garis finis untuk menuju  pemilu 14 Febuari 2024 semakin dekat.

Baca Juga:  Sesepuh Golkar Dukung Dodi Reza

“ Potret survey juga kami rekam,  H Rachmat Hidayat/ Yoppy Karim yang juga merupakan ketua DPD Nasdem Lubuk Linggau  juga memiliki potensi besar maju di pilwako Kota Lubuk Linggau.  Elektabilitas Yoppy Karim mulai melawan dari nama calon walikota lainnya. Empat nama yang sangat potensial sudah disebut pemilih  untuk menjadi Walikota Lubuk Linggau adalah H Rachmat Hidayat/Yoppy Karim,  Sulaiman Kohar, Yetty Oktarina dan Rodi Wijaya. Mungkin kedepan akan terjadi peleburan (berpasangan) dari empat nama ini  karena hitungan elektabilitas yang sangat kompetitif dan masing-masing calon memiliki pemilih massive  yang kuat,” tutup Iyan yang masih menutup rapat-rapat elektabilitas keempat calon walikota tersebut.

Survei yang dilakukan LKPI  16-28  November 2023 dengan mengambil 820 responden yang semuanya tersebar di seluruh kelurahan yang ada di Kota Lubuk Linggau secara proporsional. Pengumpulan data dilakukan   melalui kuisioner dengan wawancara  langsung tatap muka di responden . Metode penarikan sampel menggunakan multistage random sampling dengan tingkat kesalahan +/-3, 5 % dan selang kepercayaan 95 %.      #udi/ril            

Komentar Anda
Loading...