Lomba Bidar Tradisional Bakal Dimeriahkan Artis

78

PALEMBANG, BP- Pelaksanaan Lomba Bidar Tradisional dan Parade Perahu Motor Hias yang biasanya digelar rutin setiap tahun dalam kemeriahan HUT Republik Indonesia, akan kembali di gelar tahun ini.
Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Sulaiman Amin. Menurutnya, Lomba Bidar Tradisional dan Perahu Motor Hias ini sudah lama tidak diadakan sejak 2020 karena pandemi Covid-19.
“Karena sudah lama tidak ada event, maka jumlah peserta Perahu Bidar berkurang, dari sebelumnya 20 menjadi 8 peserta,”katanya mantan Kadishub Kota Palembang ini, Jumat (18/8/2023).
Selain itu, untuk peserta Perahu Motor Hias diikuti oleh 30 peserta BUMN, OPD, kecamatan, Komunitas dan swasta se-Sumatera Selatan (Sumsel).
Bidar Tradisional dan Perahu Hias ini akan dilaksanakan pada Minggu (30/8/2023) di Benteng Kuto Besak (BKB). Dimana star awal dari ex Pelabuhan 35 Ilir hingga di panggung kehormatan BKB.
Kegiatan ini terutama Bidar Tradisional untuk mengedukasi generasi muda bahwa Bidar Tradisional ini ada sejak zaman kesultanan.
Makna dari Bidar ini untuk menjunjung tinggi kekompakan, Ketahanan fisik karena jaraknya 800 meter, dan perlu kekompakan.
“Dan untuk melestarikan budaya, karena Palembang sejak dulu dijuluki Venesia dari Timur,” katanya.
Dimana acara ini akan dimeriahkan oleh Panggung Hiburan Rakyat yang mendatangkan bintang tamu artis diantaranya Tri Suaka, juga dari lokal ada Kopral Jono, dan Kamsul Yasaman.
“Kami targetkan ini jadi event nasional, kami pastikan akan ada 50 ribu penonton yang hadir ke BKB menyaksikan kemeriahan di Sungai Musi ini,” katanya.
Selain itu juga diramaikan dengan tenda UMKM yang menghadirkan beragam produk makan minum dan produk lainnya dalam rangka meramaikan dan memeriahkan event ini.
“Kemeriahan ini tidak dilaksanakan pas 17 Agustus, agar acara penuh seharian, ini yang pertama kali yang terbesar, dan termeriah,” katanya.
Hadiah dari Lomba Bidar Tradisional dan Parade Perahu Motor Hias ini uang puluhan juta dan trophy.
“Juri nantinya dari independen, diantaranya dari Jasrek LANAL dan 1 orang Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Sumsel,” katanya. #lili/bp

Komentar Anda
Loading...