Hari ke-9 Debarkasi Haji, Kemenkumham Sumsel Sambut Jamaah Asal Palembang dan Pali

22

 

PALEMBANG, BP-Memasuki hari ke-9 kedatangan jamaah haji debarkasi Palembang, sebanyak 360 jemaah tiba di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Jumat, 14 Juli 2023 pukul 19.40 WIB.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan melalui Imigrasi Palembang menjelaskan bahwa kedatangan jamaah haji kali ini mayoritas adalah jamaah asal Kota Palembang dan Kabupaten Pali.

“Sebanyak 360 Jamaah haji Kloter 07 Debarkasi Palembang ini berasal dari Kota Palembang dan Kabupaten Pali. Tercatat 169 orang adalah jamaah laki-laki dan 191 orang adalah perempuan. Mereka diterbangkan ke Indonesia menggunakan pesawat dengan nomor penerbangan SV5502,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Mohammad Ridwan.

Baca Juga:  Spesialis Pembobol Rumah Bedeng di Palembang Ini Ditangkap Polisi

Pelaksanaan kedatangan jamaah haji Debarkasi Palembang telah berjalan sejak tanggal 6 Juli lalu dan diperkirakan Kloter (Kelompok Terbang) terakhir akan tiba di Palembang pada 3 Agustus 2023 mendatang. “Untuk melayani rangkaian debarkasi yang cukup panjang ini, kami telah menyiapkan 3 (tiga) tim yang berjumlah 50 personel untuk melakukan pelayanan keimigrasian. Mulai dari peneraan cap kedatangan paspor jamaah haji, memeriksa dan menghitung paspor, menginput data perlintasan jemaah haji melalui sistem BCM, hingga melakukan serah terima paspor dengan petugas haji dari Kementerian Agama,” lanjut Ridwan.

Baca Juga:  Diterima Kedokteran Tapi Pilih Akpol Karena Gratis

Dijelaskan Ridwan, bahwa Imigrasi Palembang siap melakukan pelayanan keimigrasian kepada 8.192 orang jemaah haji yang telah diberangkatkan ke Makkah, Arab Saudi sejak 27 Mei 2023 lalu. “Rincian jamaah haji tersebut yaitu 7.012 jamaah asal Sumsel, 1.065 jamaah dari Bangka Belitung, dan 115 petugas kloter yang akan diberangkatkan dalam 23 kelompok terbang (kloter),” ujar Ridwan.

Baca Juga:  Tersengat Listrk Buruh Meninggal Dunia di Atap Rumah

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya mengatakan bahwa pihaknya melalui jajaran Imigrasi Palembang senantiasa berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk jemaah calon haji pada saat berangkat maupun kembali. “Kami siap melayani dan berkolaborasi dengan seluruh stakeholder yang ada demi kelancaran pelaksanaan ibadah jamaah haji,” tutup Ilham. #man/rel

Komentar Anda
Loading...