Korban Terdampak Banjir Bandang Lahat Terima Bantuan dari Dompet Dhuafa Sumsel

44

LAHAT, BP – Guna meringankan beban korban terdampak banjir bandang yang terjadi awal tahun tadi, Dompet Dhuafa Sumsel, menyalurkan bantuan sembako buat Aswandi, warga RT 08, RW 01, Kota Jaya, Kabupaten Lahat, Jumat, (16/6/2023).

Selain korban terdampak banjir bandang Aswandi, Dompet Dhuafa Sumsel juga menyalurkan bantuan pada Musholah yang juga terkena terjangan banjir bandang. Dalam penyaluran bantuan, sebelumnya Dompet Dhuafa Sumsel juga telah menerjunkan tim Pendamping program Sosial-Kebencanaan bersama relawan untuk melakukan assessment, sehingga bantuan benar-benar menjadi kebutuhan dan bermanfaat.

Dikatakan Manajer Program Dompet Dhuafa Sumsel, Penta Agustina, Rabu (21/6/2023), bantuan yang telah disalurkan Dompet Dhuafa Sumsel lewat Pendamping program Sosial-Kebencanaan bersama relawan ini, di antaranya barang-barang musholla yang rusak akibat banjir bandang.

Baca Juga:  Kepala BKD Lahat Tewas Tenggelam Saat Rafting

“Barang-barang itu berupa lemari, Al-Quran dan Iqro,” ucapnya.

Penyaluran bantuan buat korban terdampak banjir bandang.

Dari hasil assessment Dompet Dhuafa Sumsel bareng BABINSA dan Lurah Kota Jaya, bangunan musholla juga mengalami kerusakan, terutama toilet dan tempat wudhu. Oleh sebab itulah, Dompet Dhuafa Sumsel pun memberikan bantuan membangun toilet dan tempat wudhu yang baru.

Masih kata Penta Agustina, saat assesment, tim juga menemukan salah satu warga terdampak banjir bandang yang terjadi di awal tahun tadi, masih berada dalam kondisi yang cukup memprihatinkan.

Baca Juga:  Rumah Sakit Lahat Selesai Desember

Akibat terjangan banjir bandang, rumah Aswandi hanyut terbawa arus air dan hanya menyisakan pondasi rumah. Kejadian yang begitu cepat membuat Asnawi tak bisa berbuat banyak untuk dapat menyelamatkan barang-barang berharga yang ia miliki.

Kini Asnawi terpaksa harus mengungsi dan mengontrak di salah satu rumah tidak jauh dari tempat tinggalnya yang sudah hanyut. Pasca kejadian, Asnawi yang kesehariannya bekerja sebagai penjual keranjang rotan, masih terus berjuang dan melewati hari-hari yang sulit, karena penghasilan yang juga tidak menentu.

“Dompet Dhuafa memberikan bantuan sembako buat Pak Asnawi. Kita harapkan bisa membantu meringankan beban pak Asnawi,” ucapnya.

Baca Juga:  Bunga Bangkai Muncul di Lahat

Dompet Dhuafa Sumsel mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam program-program sosial yang dilaksanakan, baik melalui donasi maupun menjadi relawan kebaikan.

“Dengan bersama-sama, kita dapat memberikan dampak positif dan meringankan penderitaan mereka yang membutuhkan,” ucapnya.

Sementara itu, Lurah Kota Jaya, dalam kesempatan ini menyampaikaan terimakasihnya kepada Dompet Dhuafa Sumsel dan Donatur Dompet Dhuafa Sumsel atas bantuan pada warganya.

“Kami ucapkan terimakasih atas bantuannya, tentunya bantuan ini sangat berharga bagi warga terdampak korban banjir bandang,” ujarnya. #riz

Komentar Anda
Loading...