Bank Mandiri Gandeng Operator Telekomunikasi
Palembang, BP
Bank Mandiri bekerja sama dengan operator telekomunikasi yaitu PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT Telekomunikasi Seluler Tbk, PT Indosat Tbk, dan PT XL-Axiata Tbk, memperkuat keuangan inklusif. Sinergi ini juga untuk mendukung semangat pemerintah untuk terus meningkatkan akses keuangan dan transaksi nontunai.
Kerja sama tersebut salah satunya menggunakan konsep co-branding produk uang elektronik sehingga pemasaran dan edukasi dapat lebih efektif dan efisien. Selain itu, masing-masing pihak juga turut mengoptimalkan jaringan dan infrastruktur yang dimiliki. Peluncuran kerja sama yang dilakukan di Plaza Mandiri, Jakarta, Senin (27/4) lalu dihadiri juga oleh lembaga-lembaga pemerintah dan swasta terkait.
Pada tahap awal, kerja sama tersebut akan dilakukan di tiga kota/kabupaten di Jawa Barat yaitu Bandung, Garut, dan Tasikmalaya. Peluncuran kali ini merupakan kelanjutan dari roadshow soft launching kerja sama yang telah dilaksanakan sejak akhir bulan Maret hingga pertengahan April 2015 lalu di ketiga kota/kabupaten tersebut.
Direktur Consumer Banking Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan, kerja sama bank dengan operator telekomunikasi dengan konsep seperti ini merupakan yang pertama kali di Indonesia.
“Lewat kerja sama ini kami berharap cita-cita Indonesia untuk memberikan akses keuangan kepada seluruh masyarakat dapat tercapai, meningkatnya tingkat financial inclusion di Indonesia, tentunya memiliki pengaruh positif terhadap perekonomian Indonesia,” katanya.
Antusiasme masyarakat terhadap kerja sama ini sudah dapat dilihat pada saat roadshow soft launching produk Rekening Hape di Bandung, Garut dan Tasikmalaya. Sampai dengan 24 April 2015, sekitar 1.500 pengguna telah terdaftar dan menggunakan produk tersebut untuk bertransaksi.
Chief Digital Service Officer XL Yessie D Yosetya mengatakan, kerja sama ini selaras dengan komitmen XL untuk terus mendukung program pemerintah dalam menyosialisasikan dan mendorong peningkatan penggunaan transaksi non tunai (cash less) di pelanggan dan masyarakat.
“Dengan kerja sama ini pula, XL berharap dapat ikut mendukung peningkatan financial inclusion di Indonesia. Pastinya kami berharap pelanggan dan juga masyarakat akan semakin diuntungkan dan dipermudah dengan adanya kerja sama ini,” katanya.#pit