PAD Pariwisata Palembang Tembus Rp361 M, Ampera Run 2025 Peringati HUT ke-1342

47

Palembang, BP- Di tengah tantangan perekonomian, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Kota Palembang mencatat pertumbuhan signifikan. Kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor ini melonjak >30% pada 2024, mencapai Rp361 miliar dari pajak hotel, restoran, hiburan, dan reklame.

Pencapaian ini didorong oleh kolaborasi multihelix (akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, media, dan aparat) melalui penyelenggaraan event bertaraf regional hingga internasional. Salah satunya Ampera Tourism Run (ATR) 2025 yang digelar hari ini, Minggu  (15/6) untuk memeringati HUT ke-1342 Kota Palembang – salah satu kota tertua di dunia.

Baca Juga:  Atasi Banjir Pemkot Palembang Pasang Box Culvert di Dua Lokasi

Event ini sejalan dengan visi Palembang 2030 sebagai kota wisata sungai, kuliner, dan penyelenggara event olahraga dunia. “ATR 2025 merupakan bagian dari 131 Charming Events of Palembang yang dirancang mendongkrak kunjungan wisatawan dan PAD sepanjang tahun,” tegas Dinas Pariwisata Palembang.

Selain itu start akan dilakukan di atas Jembatan Ampera (ikon kota), finish di Plaza Benteng Kuto Besak (BKB). Dengan kategori 10K: Melintasi flyover Jakabaring, Pasar Induk Jakabaring, dan Jalan Merdeka dan Katagori  5K: Melewati Masjid Agung dan Air Mancur Masjid Agung.

Baca Juga:  Ketua Gerindra Palembang Sebut Akan Wujudkan Aspirasi Masyarakat

Untuk peserta: 3.000 pelari (2.000 peserta 5K, 1.000 peserta 10K) dengan 40% dari 90 kabupaten/kota se-Indonesia dengan hadiah: Total Rp50 juta untuk pemenang dimana Juara I 10K: Rp7 juta, Juara I 5K: Rp4 juta (pajak ditanggung pemenang).

Polrestabes Palembang juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di rute terdampak sejak 12 Juni. Dukungan juga melibatkan Dishub, Satpol PP, DLH, dan kecamatan untuk jaminan keamanan, ketertiban, dan kebersihan.

Baca Juga:  BIN Buka Lowongan 199 CPNS

Usai lari, peserta akan menikmati hiburan musik di Plaza BKB, disusul sambutan Walikota Palembang, penyerahan hadiah, dan pemberian sertifikat penghargaan bagi mitra pendukung event.#udi

Komentar Anda
Loading...