Kajari Muba Masuk Nominasi Peraih Adhyaksa Award 2024, Ini Tanggapan Aktivis Sumsel

27
Muhammad Sanusi,AS,SH,MH (BP/udi)

Palembang, BP- Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia menggelar ajang Adhyaksa Award 2024 menampilkan para insan Adhyaksa berprestasi di bidang penegakan hukum ini bakal digelar pada Jum’at (5/7) malam mendatang di Java Ballroom Hotel Westin Jakarta.

Salah satunya nominator peraih Adhyaksa Award ini adalah salah satu putra terbaik asal Sumsel yakni Roy Riyadi,SH,MH yang saat ini menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Musi Banyuasin (Muba).

Menurut tokoh  aktivis Sumsel yang juga penggiat anti korupsi di Sumsel , Muhammad Sanusi,AS,SH,MH sosok Roy dinilai sangatlah pantas mendapatkan Adhyaksa Award tahun 2024 ini.

Apakah alasannya ? Menurut Sanusi yang juga sebagai Direktur Eksekustif Sriwijaya Corruption Watch (SCW) ada beberapa alasan kenapa Roy dinilai layak mendapatkan Adhyaksa Award ini.

Baca Juga:  KPU Sumsel Sosialisasi Pemilih di Kawasan Gunungan Sampah

Diantaranya sejak awal bertugas di Kejati Sumsel sebagai Koordinator Pidsus Kejati Sumsel di tahun 2022 silam sudah cukup banyak gebrakan yang dilakukan Roy.

“Sosok beliau yang memang concern terhadap penanganan korupsi, terutama di masa pandemi Covid-19 lalu dia masih menghadiri sidang sejumlah kasus korupsi di Pengadilan Tipikor Palembang. Meski pada saat itu kondisi tubuhnya juga kurang fit namun tetap memaksakan diri menghadiri sidang secara offline dan online. Itu sebagai bentuk tanggungjawab profesinya sebagai seorang jaksa,” katanya, Selasa (2/7).

Selama menjabat sebagai koordinator Pidsus Kejati Sumsel sejumlah kasus korupsi besar dia tangani.  Diantaranya kasus korupsi dana hibah untuk pembangunan Masjid Raya Sriwijaya.

Baca Juga:  96 PNS Diambil Sumpah, Kadispenda Sumsel Diganti

Sebelumnya, Roy yang pernah bertugas juga sebagai Koordinator Pidsus di Kejati Nusa Tenggara Timur (NTT) pernah mengusut perkara dugaan korupsi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) penjualan aset tanah di Labuan Bajo senilai Rp1,3 Trilyun dimana dirinya sebagai ketua tim.

“Apa yang beliau lakukan selama ini terhadap upaya pemberantasan korupsi simanapun bertugas menjadi contoh sekaligus motivasi bagi para jaksa yang ada di Sumsel khususnya bahkan Indonesia pada umumnya. Sehingga kami menilai Roy Riyadi sangatlah layak dan pantas mendapatkan penghargaan Adhyaksa Award ini,” katanya.

Baca Juga:  Prihatin, Tari Gending Sriwijaya dan Tari  Tanggai di Sumsel Tak Miliki Dasar Hukum

Untuk diketahui, ajang Adhyaksa Award 2024 dihelat oleh salah satu media online nasional. Ada lima kategori award dan satu award khusus dari jaksa agung, Roy Riyadi sendiri dinominasikan sebagai peraih Adhyaksa Award kategori Jaksa Tangguh Dalam Pemberantasan Korupsi.

Selain itu ada pula kategori Jaksa Inovatif Dalam Penegakan Hukum, Jaksa Inspiratif Pemberdayaan Masyarakat. Lalu, kategori Jaksa Penegak Keadilan Restoratif sera Jaksa Teladan Dalam Integritas.

Sementara itu, apa tanggapan Roy Riyadi soal dirinya yang dinominasikan sebagai peraih Adhyaksa Award 2024 ? Roy yang dihubungi melalui sambungan ponsel pada Selasa (2/7) hanya berkomentar . “Terima kasih mohon do’anya,” katanya.#udi

 

 

Komentar Anda
Loading...