Pameran Produk UMKM Sumsel Diserbu WN Meksiko dan Spanyol

13

 

PALEMBANG, BP-Ada yang seru dalam gelaran Mobile Intellectual Property Clinic (MIC) yang digelar oleh Kanwil Kemenkumham Sumsel, Kamis (21/6) lalu. Pasalnya, puluhan Warga Negara (WN) dari Meksiko dan Spanyol ramai mengunjungi serta berbelanja pada pameran produk UMKM yang berlangsung di Hotel Aryaduta Palembang tersebut.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumsel, Dr. Ilham Djaya menjelaskan bahwa ada 20 warga Spanyol dan 8 (delapan) warga Meksiko yang berkunjung ke stand UMKM yang terlibat dalam acara Mobile Intellectual Property Clinic.

Baca Juga:  Pencuri HP di Bedeng Haji Benu Ditembak

“Kedatangan WN Meksiko dan Spanyol karena ingin mengenal lebih dekat mengenai produk lokal khas Sumatera Selatan, kebetulan mereka datang kesini karena ingin melakukan pertukaran budaya,” katanya.

Dijelaskan Ilham, warga Meksiko dan Spanyol tersebut akan melakukan pertukaran budaya pada Festival Sriwijaya yang dilaksanakan di pelataran Monumen Nasional Penderitaan Rakyat atau Monpera pada 22 s.d. 24 Juni 2024 nanti, dan rencananya akan dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Baca Juga:  Sejumlah Honorer Dewan Sumsel Gelisah

“Karena mereka akan tampil pada Festival Sriwijaya, maka sekalian saja kami ajak untuk mengenalkan Kekayaan Komunal, seni, budaya serta produk UMKM lokal. Para WNA tersebut kebanyakan adalah pelajar, mahasiswa dan pegiat seni negara setempat,” lanjutnya.

Lebih menariknya lagi, lanjut Ilham, rombongan turis mancanegara sangat antusias melihat stand pameran mulai dari aneka songket, kain jumputan, batik kujur, aneka kopi, suvenir, dan juga hasil karya Warga Binaan Lapas Perempuan Kelas IIA Palembang.

Baca Juga:  8.835 WBP di Sumsel Mendapatkan Pembinaan Keperibadian serta Pembinaan Kemandirian

“Rombongan turis mancanegara itu juga mencicipi produk Indikasi Geografis Kopi Semendo dan mencoba melakukan kegiatan membatik dengan alat tradisional. Tak lupa mereka juga memborong produk UMKM yang dipamerkan, mulai dari kopi, minuman tradisional, kuliner daerah, serta produk khas Sumsel lainnya,” tutup Ilham. #man/rel

Komentar Anda
Loading...