BAZNAS Lubuklinggau Distribusikan 680 Paket Sembako Untuk Fakir Miskin dan Marbot Masjid

51

Lubuklinggau, BP- Komitmen Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Lubuklinggau dalam mendistribusikan zakat dari umat Islam kepada masyarakat yang berhak menerimanya patut diapresiasi positif.

Pendistribusian itu tidak saja dalam bentuk pemberian sembako, tapi ada juga program beasiswa sampai perguruan tinggi, bantuan bagi UMKM dan biaya kesehatan.

Di mana program-program tersebut turut mendukung dan membantu program pemerintah setempat yang dihasilkan dari pengumpulan zakat dan non APBD.

Salah satunya adalah penyaluran 680 paket sembako bagi fakir miskin dan marbot yang berada di masjid yang sudah memiliki layanan Unit Pengumpul Zakat (UPZ).

Pendistribusian sembako tersebut dilakukan secara simbolis oleh Pj Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa didampingi Ketua DPRD H Rodi Wijaya, Kapolres AKBP Indra Arya Yudha, Kajari Riyadi Bayu Kristianto, Dandim 0406 Letkol Inf Kunto Adi Setiawan, Sekda H Tamri, Ketua BAZNAS Kota Lubuklinggau, H Harnan, Pengurus Masjid Agung Assalam, H Luthfie Ishak, para pejabat serta jamaah pada acara Nuzul Quran di Masjid Agung Assalam Kota Lubuklinggau, Sabtu malam, Sabtu, 23 Maret 2024.

Ketua BAZNAS Kota Lubuklinggau, H Harnan mengungkapkan, seluruh paket sembako yang dibagikan kepada fakir miskin dan marbot masjid berasal dari dana zakat yang dikumpulkan dari umat Islam yang ada di Kota Lubuklinggau.

Baca Juga:  Baznas Sebar 280 Kotak Infak

“Pada tahun ini kita jadwalkan 2 kali pendistribusian bantuan sembako bagi fakir miskin, di mana pendistribusian pertama dilaksanakan pada bulan Maret ini, dan sebagian besar dana zakat dari ASN Pemkot Lubuklinggau,” ujarnya.

Khusus untuk marbot yang mendapatkan bantuan sembako yaitu diberikan kepada masjid yang sudah memiliki layanan UPZ, dan sejauh ini sudah ada 130 dari 230 masjid di wilayah Kota Lubuklinggau yang memiliki layanan UPZ.

“BAZNAS merupakan badan legal pengumpul zakat, semakin banyak zakat yang terkumpul, maka semakin banyak pula bantuan sembako, bantuan UMKM, biaya kesehatan dan beasiswa sampai perguruan tinggi dapat kita laksanakan, hal ini membantu program pemerintah dan sama sekali tidak menggunakan dana APBD,” tegasnya.

Sementara itu Pj Wali Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa dalam sambutannya pada peringatan Nuzul Quran menyambut baik terhadap bantuan sembako yang diberikan oleh BAZNAS, Masjid Agung Assalam dan para donatur lainnya.

“Semoga ini semua menjadi ladang pahala bagi kita semua dihadapan Allah SWT, terlebih sekarang ini bulan Suci Ramadhan yang memang dianjurkan untuk lebih banyak berbuat kebaikan,” harapnya.

Pada acara peringatan Nuzul Quran itu diisi tausyiah oleh penceramah kondang asal Jakarta, Ustaz Riza Muhammad.

Baca Juga:  Harga Kebutuhan Pokok Masih Tinggi

Sebelumnya, BAZNAS Lubuklinggau mendapat penghargaan kategori implementasi SiMBA Terbaik dari BAZNAS Award 2024 dalam rangkaian Peringatan HUT Baznas ke-23.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh pengurus Baznas RI kepada Ketua BAZNAS Kota Lubuklinggau, Drs H Harnan, MH di Hotel Bidakara Jakarta, pada Kamis 29 Februari 2024 lalu.

“Alhamdulillah syukur kami BAZNAS Kota Lubuklinggau sangat bangga dan haru,”kata Ketua BAZNAS Kota Lubuklinggau, H Harnan kepada wartawan.

Prestasi ini sebuah kebanggan dan kehormatan bagi kita semua bahwa ini hasil kerja keras dan keseriusan kita semua sehingga dapat membuahkan hasil yang sangat gemilang dan bergengsi yakni BAZNAS Award tahun 2024.

“Dan bukan itu saja, di tahun 2023 mereka juga berhasil menerima penghargaan dan 4 Tropi yakni Kategori Penggunaan SiMBA terbaik 1, Kategori Pertumbuhan Pengumpulan terbaik 1, Kategori Data harian terbaik 2, Jadi ada empat piala dan enam sertifikat penghargaan,”ungkapnya.

Menurutnya, penghargaan yang diperoleh Baznas ini tidak lepas dari peran dan dukungan Pemerintah Kota Lubuk Linggau, doa dan motivasi para ulama, Kakankemenag, para OPD, Camat dan Lurah dan masyarakat Kota Lubuk Linggau serta Tim work BAZNAS Kota Lubuk Linggau yang handal.

Baca Juga:  Forum RT Sukajaya Bagikan 300 Paket Sembako.

“Kepada Pj Walikota Lubuklinggau, H Trisko Defriansyah kami ucapkan terima kasih atas bimbingan, arahan serta dukungannya selama ini, sehingga kami juga terus meningkatkan kinerja kami di kemudian hari,”ungkapnya.

Saat penyerahan penghargaan dalam sambutannya Ketua BAZNAS RI Bapak Prof. DR. KH. Noor Ahmad, MA mengatakan bahwa penganugerahan BAZNAS Award ini merupakan Reward dan agenda tahunan atas kerja keras dan sungguh sungguh Para Pimpinan dan Staf BAZNAS di daerah yang telah mengelola dana ZIS di masing masing tempat.

H Harnan menambahkan, zakat ada dimana mana tinggal bagaimana cara pengelolaanya dan pendistribusianya dan zakat yang diberikan oleh para Muzakki sangat dinantikan kehadirannya oleh Mustahik disitulah letak keberkahan zakat.

Kemudian, pengurus BAZNAS Kota Lubuk Linggau mengharapkan kepada seluruh masyarakat Kota Lubuk Linggau khususnya dan masyarakat Lubuk Linggau yang berada di perantauan yang mempunyai harta yang lebih, kiranya dapat menyalurkan Zakat Maalnya melalui Rekening Bank SumselBabel Syariah 803.01.00247, Bank Syariah Indonesia 258.66.6666.5, Bank SumselBabel 143.30700.11 atau langsung ke Counter BAZNAS Kota Lubuklinggau.

“Insya Allah kami akan amanah dan tepat sasaran menurut syariat Islam dan mudah-mudahan harta mu akan terjaga dengan menunaikan Zakat,”jelasnya.

Komentar Anda
Loading...