Kemenkumham Sumsel Lakukan Pendampingan Penyusunan LkjIP

34

 

PALEMBANG, BP-Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan melalui bagian Program dan Humas melakukan pendampingan penyusunan LKjIP Tahun 2023, Senin (4/11/2023). Pendampingan yang diikuti oleh 28 operator LkjIP pada satuan kerja di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel ini digelar selama 2 hari berturut-turut, bertempat di Aula Kanwil.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Divisi Administrasi, Rahmi Widhiyanti, didampingi Kepala Bagian Program dan Humas (Yulizar) dan Kasubag Program dan Pelaporan (Dedy Zulian). Disampaikan Rahmi, bahwa Laporan Kinerja Instansi Pemerintah merupakan dokumen pertanggungjawaban kinerja yang berisi gambaran perwujudan akuntabilitas kinerja setiap instansi pemerintah dari pelaksanaan tugas dan fungsi atas penggunaan sumber daya (anggaran, sdm, dll) yang disusun secara sistematik dan disampaikan secara periodik.

Baca Juga:  Pencuri, Sembunyikan Mobil Fatmawati di Kebun Sawit

“Melalui pendampingan ini, kita dapat berdiskusi dan mengetahui sejauh mana progres penyusunannya, yang mana self assesment dilakukan oleh tim Kanwil sebelum diriviu Itjen lebih lanjut”, tegas Rahmi.

Pendampingan ini diharapkan dapat meningkatkan nilai SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) yang menjadi bagian dari LKJiP.
“Pada penilaian tahun sebelumnya, nilai SAKIP Kanwil yakni 87,50. Untuk tahun ini, ditargetkan meraih nilai 100 atau predikat AA. Oleh karena itulah teman-teman operator sebagai garda terdepan harus mengawal tercapainya target ini”, ujar Kadivmin.

Baca Juga:  Tak Kantungi Izin, Empat Dus Aneka Miras Disita

Kadivmin juga menyampaikan beberapa catatan atau evaluasi Inspektorat Jenderal Kemenkumham atas penilaian SAKIP Kanwil baik dari informasi data maupun format laporan yang harus diperbaiki bersama. Terakhir, Rahmi berharap bahwa penyusunan LkjIP yang berpedoman pada KEPMENKUMHAM Nomor M.HH-01.PR.03 Tahun 2023 ini diharapkan dapat memberikan informasi secara terbuka kepada seluruh pihak terkait mengenai Kementerian Hukum dan HAM secara keseluruhan. #man/rel

Komentar Anda
Loading...