Imigrasi Palembang Kemenkumham Sumsel Layani Paspor di Arena Pamfest 2023

27

PALEMBANG, BP-Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan membuka layanan pembuatan paspor di arena Pasar Muslim Festival (PamFest 2023).

“Pelayanan pembuatan paspor di arena PamFest di Gedung Wanita Sriwijaya, Palembang, hari ini dibuka untuk meramaikan festival, dan memudahkan masyarakat membuat paspor,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Mohammad Ridwan di Palembang, Minggu (8/10).

Untuk melakukan pelayanan di pusat keramaian itu, menurut Ridwan pihaknya menurunkan tim unit pelayanan keliling ‘Mobil Lakso’ yakni mobil ‘Pelayanan Keimigrasian On The Spot (Lakso)’ yg berlangsung sejak 6-8 Oktober 2023.

Baca Juga:  Ekstasi Rp291 Juta Gagal Beredar

Disampaikan Kakanim Palembang, bahwa mnat masyarakat memanfaatkan pelayanan paspor keliling itu cukup tinggi. Hal itu terlihat dalam beberapa jam dibuka pelayanan, terdapat puluhan masyarakat yang mengajukan permohonan pembuatan paspor baru dan penggantian buku atau perpanjangan masa berlaku dokumen keimigrasian itu.

“Mobil Lakso yang diluncurkan pada awal 2023 ini, sebagai unit baru dalam pelayanan pembuatan paspor keliling itu mulai banyak dimanfaatkan masyarakat”, ujar Ridwan.

Baca Juga:  Salah Paham, Emak-emak Adu Senjata Tajam Hingga Kepala Bocor

‘Mobil Lakso’, lanjutnya, disiapkan untuk pelayanan keimigrasian keliling mendatangi tempat yang telah ditentukan bersama kelompok masyarakat yang tidak bisa datang ke Kantor Imigrasi karena alasan tertentu. Untuk memanfaatkan layanan paspor keliling itu, kelompok masyarakat, instansi pemerintah dan swasta silakan mengajukan permohonan ke Kantor Imigrasi Palembang dan pemohon menyiapkan dokumen persyaratan seperti KTP, KK, akta kelahiran, ijazah atau surat nikah (pilih salah satu) salinan beserta dokumen aslinya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel Dr. Ilham Djaya menambahkan, guna lebih memasyarakatkan layanan jemput bola itu, pihaknya terus berupaya melakukan sosialisasi kepada berbagai pihak dan lapisan masyarakat di enam kabupaten/kota yang masuk dalam wilayah kerja Kantor Imigrasi Palembang.

Baca Juga:  Cafe RD di Razia, 89 Orang di Amankan

“Tim Imigrasi Palembang siap melakukan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat di enam kabupaten/kota meliputi Kota Palembang, Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Banyuasin, dan Kabupaten Musi Banyuasin,” tegas Kakanwil Ilham Djaya.

Pengembangan layanan pembuatan dokumen keimigrasian tersebut, sesuai dengan slogan ‘Kamu di Rumah Aja Petugas Imigrasi Datangi Kamu’, tutupnya. #man/rel

Komentar Anda
Loading...