UIN RF Gelar Workshop Reviu Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran (VMTS)

48

Palembang, BP- Setelah sukses laksanakan Yudisium Ke-30 dan Wisuda ke-78 kini Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah (RF) Palembang Minggu ini kembali menggelar kegiatan penting lainnya berupa Workshop Reviu Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran (VMTS), Selasa (26/9).

Kegiatan dilaksanakan telah secara luring di aula Fakultas Adab dan Humaniora lantai 2.
Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan reviu VMTS FAHUM UIN Raden Fatah dengan melibatkan semua pihak baik internal maupun eksternal sebagai upaya untuk dapat memperoleh masukan yang lebih komprehensif dari peserta workshop, untuk pengembangan fakultas dan program studi di masa kini dan mendatang.

Selain itu, dengan adanya kegiatan ini FAHUM dapat melakukan reviu kurikulum program studi agar capaian mata kuliah dapat sesuai dan mendukung capaian profil lulusan yang selaras dengan perkembangan IPTEK dan kebutuhan pengguna.

Baca Juga:  Komisi IV DPR Pertanyakan Program Cetak Sawah

Kegiatan workshop dibuka secara resmi oleh Dr. Endang Rochmiatun, M. Hum, selaku Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang. Dalam kata sambutannya, dekan berharap agar kegiatan workshop yang dilaksanakan dapat memperoleh masukan dari berbagai pihak yang terlibat (internal maupun eksternal), hasilnya nanti akan dijadikan sebagai bahan analisis untuk penyempurnaan dan pengembangan di tingkat fakultas maupun program studi.

Kegiatan workshop ini diikuti sebanyak 40 peserta yang terdiri dari unsur internal FAHUM UIN Raden Fatah, yaitu pengelola fakultas dan program studi, pejabat struktural, perwakilan dosen, perwakilan tenaga kependidikan dan unsure eksternal dihadiri oleh mitra dari FKIP Sejarah Universitas PGRI dan FKIP Sejarah Universitas Muhammadiyah Palembang.

Baca Juga:  2018 Seberang Ulu Nikmati Jargas Gratis

Workshop reviu VMTS kali ini FAHUM UIN Raden Fatah menghadirkan narasumber Prof. Dr. Ir. Siti Herlinda, M.Si. selaku guru besar Universitas Sriwijaya. Kegiatan workshop dikemasdalam dua sesi, dimana sesi pertama membahas tentang peninjauan VMTS FAHUM UIN Raden Fatah dan 5 program studi yang ada di lingkungan FAHUM, yaitu Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (BSA), Program Studi Sejarah Peradaban Islam (SPI), Program Studi Ilmu Perpustakaan (ILPUS), Program Studi Politik Islam (POLIS), dan Program Studi Magister Sejarah Peradaban Islam (SPI S2).

Selanjutnya pada sesi kedua, kegiatan workshop membahas tentang peninjauan Kurikulum Program Studi terkait keselarasan antara Capaian Mata Kuliah dan Capaian Profil Lulusan. Di sela-sela paparannya, narasumber memberikan apresiasi atas rumusan visi yang dimiliki oleh fakultas dan prodi, katanya sudah mencerminkan visi yang baik; ada cita-cita, singkat, jelas, fokus, realistis, sesuai kompetensi lembaga dan berstandar global. Namun demikian, narasumber mengkritisi tentang rumusan misi yang masih perlu diselaraskan dan disempurnakan agar dapat mendukung visi yang sudah baik tersebut.

Baca Juga:  Presiden: LRT Harus Terkoneksi, Terintegrasi, dan Modernisasi

Target capaian dari workshop ini adalah fakultas dan prodi memperoleh masukan yang komprehensif dari berbagai pihak, baik internal maupun eksternal sebagai bahan untuk melakukan analisis dan merumuskan strategi pengembangan di tingkat fakultas dan prodi yang berkesesuaian, sehingga dihasilkan Visi Misi dan Kurikulum Program Studi yang mewadahi cita-cita, menjadi standart of excellence, realistis dan sesuaidengankompetensifakultas dan prodi. #rill

Komentar Anda
Loading...