Herman Deru, Kepopulerannya Masih Unggul

35
BP/IST
Gubernur Sumsel Herman Deru

Palembang, BP- Lembaga survei Indomatrik menunjukkan, perolehan sangat ketat di 17 kabupaten/Kota, dimana Bacagub Herman Deru masih mendapat simpati/keterkenalan sekitar 96,35 persen,diikuti Eddy Santana Putra 94,75 persen, Mawardi Yahya 91,58 persen, Heri Amalindo 87,55 persen, Joncik Muhammad 84,54 persen, Ishak Mekki 84,37 persen, Tantowi Yahya 75,65 persen.

Demikian hasil survei awal Survei Preferensi Politik Masyarakat Terhadap Pemilihan Gubernur Provinsi Sumatera Selatan, tersebar di 17 wilayah Kabupaten/Kota pada perhelatan pilgub 27 November 2024,

dengan mengambil dua instrumen meliputi tingkat kepopuleran dan kesukaan serta karakteristik bacagub di mata publik.

Pelaksanaan survei memasukkan sekitar 7 nama yang sering menjadi buah bibir dan muncul di permukaan, yakni Herman Deru (incumbent Gubernur), Mawardi Yahya (Incumbent Wakil Gubernur),

Eddy Santana Putra (mantan walikota palembang), Heri Amalindo (Bupati PALI), Joncik Muhammad (Bupati Empat Lawang), Ishak Mekki (Mantan Wagub Sumsel), Tantowi Yahya (Mantan Duta Besar RI).

Baca Juga:  Zainuddin Tipu Pasien RSMH

Menariknya persaingan sengit dan ketat, di mana ada empat Bacagub yakni Herman Deru (incumbent Gubernur), Mawardi Yahya (Incumbent Wakil Gubernur), Eddy Santana Putra (mantan Walikota Palembang), Heri Amalindo (Bupati PALI).

Diperkirakan persaingan ini akan terus melaju dan di antara bacalongub tersebut setelah mendapat dukungan dari partai yang akan mengusungnya masing masing.

“Diperkuat lagi dengan bakal calon wakil gubernur yang akan mendampinginya, akan semakin memperkuat posisi dalam menuju pemenangan pada perhelatan pilgub sumsel 27 November 2024 nanti,” ungkap Husin Yazid selaku Direktur Eksekutif Indomatrik, Jumat (12/4).

Ketertarikan masyarakat terhadap para Bacagub Sumsel juga terlihat pada instrumen kesukaannya. Dimana Herman Deru mendapat kesukaan publik sekitar 55.88 persen,

diikuti di posisi kedua Mawardi Yahya 47,38 persen, Eddy Santana Putra 45.79 persen Heri Amalindo 43,78 persen, Joncik Muhammad 42,27 persen, Ishak Mekki 42,19 persen, Tantowi Yahya 37,83 persen.

Baca Juga:  Korban Kebakaran Terima Bantuan dari Pemkab OKU

Pada survei Indomatrik ini juga tergambar bakal calon wakil gubernur Sumatera Selatan yang disukai masyarakat sebagai berikut Harnojoyo 84,35 persen.

Joncik Muhammad 83.33 persen, Prana Putra Sohe 81,58 persen, Popo Ali 66,55 persen, Anita Noeringhati 62.54 persen, Bobby Adhityo Rizal 51,37 persen.

Kelompok Bakal Calon Gubernur tersebut akan memperkuat barisan kemenangan bagi bagi perhelatan pasangan Gubernu/Wakil Gubernur Sumatera Selatan maju di pilgub sumsel 2024 di bulan November kedepan.

Survei dengan Metode menggunakan simple random sampling. responden yang terdistribusi secara acak di seluruh wilayah di 17 Kabupaten Kota, 91 Kecamatan dan 182 Kel/Desa. 384 RW RT Kampung di Provinsi Sumsel, yaitu mereka

Baca Juga:  Minggu Ketiga Juli, Polda Sumsel Ungkap 26 Kasus 3C

yang telah berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah, sebagai pemilih ketika survei dilakukan, diambil secara proporsional pada tingkat Provinsi dan random di tingkat Kabupaten Kota, Kecamatan, Kelurahan/Desa, Kampung/RW/RT/Desa.

Survei digelar pada 3 – 6 Maret 2024. Margin of error sekitar 3.5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Jumlah sampel responden yang diwawancara sebanyak 880 responden warga negara Indonesia.

Husin Yazid mengatakan, di mana pertanyaan yang diajukan kepada responden yang terpilih, terkait preferensi pemilih pada pemilihan Gubernur Sumatera Selatan 2024. #udi

 

 

 

 

Komentar Anda
Loading...