Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Flashcard

56

Oleh:Restu Hidayati, S.Pd
(Guru PAUD Melati Terpadu)

Anak usia dini merupakan masa keemasan dari sejak lahir hingga usia 6 tahun yang harus dioptimalkan pada setiap aspek perkembangannya. 6 aspek perkembangan anak usia dini yakni perkembangan nilai agama dan moral, perkembangan fisik motorik, perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan sosial emosional serta perkembangan seni, yang mana pada kurikulum merdeka anak usia dini berada pada fase pondasi. Dengan demikian seluruh aspek perkembangan pada anak harus dioptimalkan, dengan tujuan agar anak memiliki kesiapan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

 

Aspek perkembangan kognitif yang juga perlu kita kembangkan diantaranya mengenalkan konsep bilangan pada anak. Seperti halnya di PAUD Melati Terpadu melakukan kegiatan untuk menstimulasi setiap aspek perkembangan melalui kegiatan bermain yang bermakna. Untuk mencapai capian pembelajaran mengenalkan konsep bilangan 1-10 pada anak usia dini bisa kita lakukan melalui permainan flashcard.

 

Baca Juga:  DPRD Sumsel Minta Gubernur Kumpulkan Kepala Daerah , Anggap Penanganan Covid-19 Terkesan Sendiri-Sendiri

Senada dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Idzni Azhima, R. Sri Martini Meilanie, Agung Purwanto dalam jurnalnya Penggunaan media flashcard untuk mengenalkan matematika permulaan pada anak usia dini bahwa penggunaan media flashcard dapat membantu anak memahami matematika permulaan seperti konsep bilangan dan geometri.

 

Adapun permainan flashcard bisa kita kombinasikan dengan permainan bowling, stik eskrim atau pun dengan mencocokkan berbagai gambar hewan sesuai dengan angka pada flashcard. langkah-langkah yang bisa kita lakukan dalam memodifikasi permainan flashcard dengan bowling yakni:

  1. Membuat aturan main bersama anak, dengan antrian saat melakukan kegiatan main
  2. Ajak anak untuk menyusun sembari menghitung jumlah pin bowling
  3. Mintalah anak untuk menghitung jumlah pin bowling yang terjatuh
  4. Lalu anak memilih flashcard angka sesuai jumlah pin bowling yang jatuh
  5. Ajak anak untuk menuliskan angka sesuai pada
Baca Juga:  70 Peserta Ikuti Lomba Melukis Koleksi Museum  Sriwijaya

Agar capaian pembelajaran lebih optimal pada anak kegiatan bermain bola bowling ini bisa kita lakukan secara berulang pada anak, selain itu kita juga bisa melakukan kegiatan evaluasi pada anak saat sebelum kegiatan penutupan pembelajaran dengan media flashcard kita kombinasikan dengan stik eskrim, dimana anak mengambil stik eskrim sesuai angka pada flashcard.

 

Dengan demikian melalui permainan flashcard kita bisa mengenalkan konsep bilangan pada anak usia dini dengan lebih menyenangkan. Melalui kegiatan bermain yang bermakna maka anak akan mendapatkan pengalamannya secara langsung dan dapat mencapai capaian pembelajaran. Salain aspek kognitif yang kita capai pada permainan bola bowling yang kita kombinasikan dengan permainan flashcard kita juga menstimulasi beberapa aspek perkembangan yang lainnya seperti sosial emosional pada anak, aspek fisik motorik, aspek bahasa, hal ini tampak ketika anak mau antrian saat bermain bola bowling, anak mampu mengkomunikasikan jumlah pin bowling yang jatuh, dan anak mampu menggelindingkan bola bowling dengan baik.#rill

Baca Juga:  Pemprov Upayakan Tekan Emisi Gas Rumah Kaca

 

Komentar Anda
Loading...