Kanwil Kemenkumham Sumsel Pamerkan Produk Kekayaan Intelektual Sumsel di Gelaran Merek Festival 2023

30

JAKARTA, BP-Kanwil Kemenkumham Sumsel turut berpartisipasi dalam gelaran Merek Festival 2023 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) di Lapangan Merah Kementerian Hukum dan HAM, Kuningan, Jakarta pada 23 s.d. 25 Oktober 2023.

Tercatat sebanyak 45 booth milik pelaku usaha local pun turut menyemarakkan kegiatan Brand Exhibition tersebut.

“Merek Festival dengan tema “Cinta Lokal Sentuhan Global: Merek Kita, Cerita Kita Bangga di Panggung Dunia” merupakan puncak rangkaian kegiatan penutupan Tahun Tematik Merek 2023 dan penetapan tahun 2024 sebagai Tahun Tematik Indikasi Geografis,” ujar Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Min Usihen pada pembukaan Merek Festival 2023.

Baca Juga:  HRS Ajukan Banding, Sebagai Hal Yang Wajar

Menurut Min, kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran para pelaku usaha agar memanfaatkan pelindungan merek, sehingga dapat memberikan dampak yang lebih luas terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Adapun dalam kegiatan ini melibatkan beberapa merek lokal dari berbagai kategori, seperti kuliner, skincare, fashion, kerajinan, dan produk-produk Indikasi Geografis dari berbagai daerah di Indonesia. Tidak hanya melibatkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), tetapi juga merek-merek Indonesia yang telah melebarkan pasar di kancah internasional.

Min menyampaikan bahwa keragaman merek-merek kebanggaan Indonesia yang hadir dalam Merek Festival 2023 menunjukkan bahwa negara memiliki potensi ekonomi dan daya kreativitas yang besar.

Baca Juga:  3 Pelajar SMP Meregang Nyawa

“Exposure terhadap merek-merek ini diharapkan dapat mewujudkan industri yang tangguh dan berdaya saing baik di pasar domestik maupun di pasar global,” harap Min.

Min menambahkan melalui pameran ini diharapkan dapat mendorong tumbuhnya perekonomian, menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga berdampak pada pengurangan kemiskinan di Indonesia.

Selain menyelenggarakan Brand Exhibition, Merek Festival 2023 juga menyelenggarakan business matching yang mempertemukan para pemilik bisnis dengan para calon mitra bisnisnya.

Lebih lanjut, DJKI juga mempersiapkan para ahli di bidang Kekayaan Intelektual untuk memberikan konsultasi di bidang merek, paten, desain industri, dan hak cipta. Tidak hanya itu, DJKI juga menyediakan fasilitas pendaftaran merek dan pencatatan ciptaan gratis kepada para pelaku UMKM dengan kuota terbatas dari tanggal 23 s.d 25 Oktober 2023.

Baca Juga:  Pelaku Curanmor di Palembang Ditangkap

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya mengatakan produk Sumatera Selatan yang dipamerkan meliputi Kain Jumputan Gambo Toman Muba, Kain Blongket, Jumputan, Tabjak, Rumpak, dari Pengrajin UMKM Tuan Kentang, Kopi Robusta Semendo Muara Enim, dan juga Kopi Robusta Pagar Alam. #man/rel

Komentar Anda
Loading...