FJM Sumbagsel Gelar Media Gathering dan Apresiasi  Media , Jurnalis Adalah Pejuang Demokrasi! Ini Tantangan Di Tahun Politik

67
Ratusan media siber, cetak dan elektronik yang tergabung dalam Forum Jurnalis Migas (FJM) se Sumatera Selatan dan Jambi (Sumbagsel) mengikuti Kegiatan Media Gathering dan Apresiasi Media FJM Sumbagsel 2023, di Puncak Bogor, Jawa Barat, Selasa-Kamis (24-26). Acara pembukaan di gelar di Pesona Alam, Resort and Spa di Puncak, Bogor, Selasa (24/10).(BP/ udi)

Palembang, BP- Ratusan media siber, cetak dan elektronik yang tergabung dalam Forum Jurnalis Migas (FJM) se Sumatera Selatan dan Jambi (Sumbagsel) mengikuti Kegiatan Media Gathering dan Apresiasi Media FJM Sumbagsel 2023, di Puncak Bogor, Jawa Barat, Selasa-Kamis (24-26). Acara pembukaan di gelar di Pesona Alam, Resort and Spa di Puncak, Bogor, Selasa (24/10).

Hadir Ketua FJM Sumsel Oktaf Riadi, Ketua FJM Jambi Mursyid Sonsang , Ketua SMSI Sumsel Jon Heri, Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar, Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagsel Syafei Sapri, KKKS sebanyak 20 seperti Humas KKKS Medco Indonesia, Dito, Humas KKKS Pertamina, SRMD.

Ketua FJM Sumsel Oktaf Riadi merasa bangga dan terimakasih. Dari 80 peserta terdaftar ternyata ada 2 orang yang tidak hadir. “Kami senang FJM Sumsel bisa bersama sama dengan SKK Migas, terlebih saat ada bencana Covid, kita terus kolaborasi mengatasi permasalahan tersebut,” katanya.

Baca Juga:  Pemuda Demokrat Indonesia Provinsi Sumsel dan PALI Dukung Pencalonan Heri Amalindo Periode 2020-2025

Menurutnya dalam acara ini akan diberikan ilmu dan berbagai hiburan. “Rekan rekan peserta terlihat senang dan dapat ilmu,” ujarnya.

Sementara itu Ketua FJM Jambi, Mursyid Sonsang mengakui hal serupa, peserta yang sudah terdaftar ikuti acara ini ada yang tidak hadir. “Kami ada 5 orang yang tak hadir,” tegasnya.

Sedangkan Dosen Universitas  Nasiona ( Unas) Selamat Ginting memberikan pembekalan materi skill jurnalistik dan peran media menghadapi tahun politik dengan tema Media Massa Memiliki Peran Penting Dalam menyukseskan Pemilu 2024 Mendatang

“Kita para jurnalis adalah pejuang Demokrasi! Ini tantangan di tahun politik, jangan sampai menjadi penghianat demokrasi. Siapapun yg menjadi pemenang pasti menjadi lawan politik karena pers sebagai kontrol sosial,” katanya.

Baca Juga:  Asian Games Tinggal Menghitung Hari, Satgas Karhutla Terus Berjibaku Padamkan Api

Menurutnya, berita pers sudah diramaikan soal politik jelang pemilu, banyak berita yang menarik soal koalisi, money politik dan sebagainya. Misalnya dijelaskan Selamat bagaimana peran negara dalam SKK Migas, saat ditahun politik menjadi persoalan ekonomi politik.

“Pemilu bisa batal jika terjadi siatuasi ekonomi politik. Kita harus menciptakan pemilu jurdil, menghasilkan karya jurnalistik yg profesional dan beretika. Peran media dinilai sangat penting karena berfungsi sebagai penyampai informasi, edukasi dan juga penangkal hoaks kepada publik,”katanya.

Menurut dia, yang terpenting pula dalam pemilu, adalah pemilih, peserta dan penyelenggara. Namun kontrol-nya yang paling penting adalah media.

“Media itu akan menjadi sangat penting bagi kami. Bukan hanya dalam verifikasi faktual saja, tapi semua tahapan pemilu. Peran dari media yakni bagaimana mensosialisasikan agar masyarakat mau mengecek apakah namanya terdaftar di sipol. Peran media juga bisa meluruskan, menyaring (informasi) hingga menangkal hoaks. Maka, edukasi publik melalui media sangat penting untuk dilakukan terkait Pemilu 2024 sehingga sukses dan jauh berkualitas kedepannya,”katanya.

Baca Juga:  Alex Palingkan Perhatian Dunia ke Sumsel

Kepala SKK Migas Anggono Mahendrawan yang diwakili Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagsel Safei menilai kegiatan ini sebagai wadah silahturahmi antara SKK Migas K3S dan rekan- rekan FJM wilayah Sumbagsel tahun 2023.

“Kami mengharapkan silahturahmi dapat dipupuk terus menerus demi kelancaran operasional hulu migas di wilayah Sumbagsel,”ujar Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Sumbagsel Safei,” katanya.#udi

 

 

 

 

 

Komentar Anda
Loading...