Kakanwil Kemenkumham Sumsel Terima Audiensi Pj. Sekda Pagaralam

43

PALEMBANG, BP-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Dr. Ilham Djaya menerima audiensi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Pagaralam, Rano Fahlesi, Jumat (29/9), bertempat di ruang kerja Kakanwil.

Audiensi ini dalam rangka koordinasi dan sinergisitas pelaksanaan tugas dan fungsi sekaligus silaturahmi Pj. Sekda Pagaralam yang baru dilantik. Sebelumnya, Rano Fahlesi merupakan Sekretaris DPRD Kota Pagaralam.

“Saya baru dilantik pada 8 September lalu. Maka sesegera mungkin melakukan audiensi dan koordinasi dengan instansi terkait, khususnya mengenai implementasi hukum dan HAM di wilayah Kota Pagaralam,” ujar Rano.

Baca Juga:  Kapal Tongkang Terbalik, Ditabrak Tug Boat di Sungai Musi, Nahkoda Tenggelam dan Hilang

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya menyambut baik audiensi tersebut. Ia menyampaikan bahwa Kanwil Kemenkumham Sumsel tak henti-hentinya meningkatkan kecerdasan hukum masyarakat.

“Salah satunya kami telah melakukan pembentukan Kelompok Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Kota Pagaralam. Desa/Kelurahan Sadar Hukum adalah desa/kelurahan yang telah dibina dan memenuhi kriteria sebagai desa atau kelurahan sadar hukum. Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran hukum dan budaya hukum di kalangan masyarakat,” jelas Ilham.

Dilanjutkan Ilham, bahawa Kemenkumham Sumsel juga telah menandatangani Kontrak Pelaksanaan Pemberian Bantuan Hukum dengan 13 Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang ada di Sumatera Selatan, salah satunya adalah LBH Sumsel Cabang Pagaralam.

Baca Juga:  Security dan BKO Pertamina Adera Gagalkan Pencurian Pipa ABB-037

“Pemberian bantuan hukum merupakan amanah dari Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum, dimana negara menjamin hak konstitusional setiap orang untuk mendapatkan pengakuan, jaminan, perlindungan dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama dihadapan hukum sebagai sarana perlindungan Hak Asasi Manusia,” pungkasnya.

Selain itu, guna implementasi Penghormatan, Perlindungan, Pemajuan, Penegakan, dan Pemenuhan HAM (P5 HAM) di daerah, sosok yang telah menjabat sebagai Kakanwil selama 5 kali tersebut juga mengajak Pemerintah Daerah mewujudkan Kabupaten/Kota Peduli HAM.

Baca Juga:  Tiga Pelaku Sabu Ditangkap

“Pada tahun 2022, dari 17 kabupaten/Kota di Sumatera Selatan sebanyak 3 Kabupaten/Kota menerima penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Peduli HAM, yaitu Lahat, Musi Rawas dan Lubuklinggau. Besar harapan kami Pagaralam bisa mendapat penghargaan Kabupaten/Kota Peduli HAM di tahun 2023 ini,” lanjutnya.

Menutup audiensi tersebut, Kakanwil Ilham Djaya menyampaikan kondisi umum Pemasyarakatan, khususnya perihal over kapasitas yang terjadi di Lapas Kelas III Pagaralam. Ia mengharapkan kerja sama Pemkot Pagaralam dalam mengatasi over kapasitas dengan mendorong program pembinaan di lapas atau mencegah tindak kriminalitas dan penyalahgunaan narkoba yang marak terjadi. #man/rel

Komentar Anda
Loading...