Putri Gubernur Sumsel Diprediksi Berpeluang Lolos Ke Senayan

125
Hj Samantha Tivani disalah satu momen acara (BP/IST)

Palembang, BP- Putri Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Hj Samantha Tivani berpeluang besar lolos untuk duduk di kursi senayan DPR RI pada pemilihan legislative yang akan digelar 14 Febuari 2024

Samantha  dari hasil survei terbaru masih konsisten bertenger menempati ‘ posisi teratas dari nama-nama calon legislatif DPR RI dapil dua provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang akan berlaga pada pesta dermokrasi lima tahunan dan akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia.
Demikian hasil temuan survei Lembaga Kajian Kajian Publik Independen (LKPI).
“Dari pertanyaan terbuka (top of mind) atau tanpa menyebutkan nama caleg, secara spontanitas responden sudah menyebut akan memilih Samantha Tivani (13,1 %) sebagai anggota DPR RI Dapil dua Sumsel. Kalau tidak salah, seingat saya, nama-nama-caleg lainnya angkanya masih berada di bawah tiga persen,” kata Direktur eksekutif LKPI, Arianto, M.Ikom,Pol, Rabu (30/8) ketika dihubungi.
Uji simulasi (pertanyaan semi terbuka) dengan menyebutkan nama-nama caleg partai politik yang akan maju pada pileg DPR RI dapil dua, elektabilitas Samantha Tivan masih konsisten berada di angka 32,1%.
Untuk elektabilitas caleg lainnya masih seingat dirinya  juga masih berada di bawah angka 10 %
Dan keunggulan Samantha Tivani secara statistik bisa dikatagorikan unggul signifikan.
” Dalam arti keunggulan elektabilitas Samantha Tivani tersebut sudah berada di luar tingkat kesalahan (majin of error) survei +/-5 %. Jarak elektabilitas Samantha Tivani dengan caleg partai politik lain dan juga termasuk caleg internal dalam partai Nasdem sendiri cukup
jauh, ” kata Arianto, yang mengaku menggelar survei 10-20 Agustus 2023 dengan melibatkan 420 responden yang tersebar secara proporsional di kabupaten/kota dapil dua Sumsel.
 Lembaga yang tergabung dalam Perkumpulan Survei Opini Publik Indonesia (PERSEPI) ini lebih lanjut mengatakan, kuatnya tarikan elektoral Samantha Tivaru tentunya tidak serta merta muncul begitu saja.
Mantan kordinator Lembaga Survei Indonesia (LSI) ini menerangkan, modal sosialisasi yang sudah dilakukan Samantha Tivani dari temuan survei juga menunjukkan keunggulan dari caleg-caleg DPR RI dapil dua Sumsel lainnya.
 Sosialisasi seperti blusukan/pertemuan tatap muka/pertemuan umum, baleho, spanduk, kalender, stiker, media sosial, surat kabar dan Tim sukses/Tim pendukung dari temuan survei juga didapatkan Samantha Tivami tetap unggul dani caleg lainnya.
Beralas dari dasar tersebut membuat popularitas (keterkenalan) dan akseptabilitas (kesukaan) Samantha Tivani trendnya positif dan unggul dibandingkan nama nama caleg lainnya. Tentunya, modal dasar yakni popularitas dan akseptabilitas yang baik merupakan dasar awal untuk pemilih menjatuhkan pilihannya kepada caleg .
“Dasar dari survei peluang terpilihnya caleg adalah popularitas dan akseptabilitas dan baru elektabilitas. Sudah cukup banyak caleg lainnya melakukan sosialisasi tapi angkanya belum maksimal,” katanya.
Hal ini disebabkan intensitas sosialisasinya yang belum begitu sering di masyarakat. Tergambar nama Samantha Tivani yang sudah melakukan sosialisasi yang cukup massive dan caleg lainnya sudah ada meskipun pergerakan sosialisasinya belum maksimal.
“Namun, kalau lebih banyak lagi frekuensi sosialisasi, diprediksi popularitas dan akseptabilitas serta elektabilitas akan naik. Kalau tidak ada kejadian yang luar biasa, Samantha Tivani berpotensi besar mendapatkan tiket ke senayan DPR RI dapil dua Sumsel,”kata lulusan terbaik magister ilmu komunikasi politik ini dengan lantang.
Pileg menurutnya masih menyisakan waktu enam bulan tapi bukan berarti secara hitungan politik masih lama.
Masih ada ruang gerak caleg lainnya untuk meningkatkan popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas sehingga bisa mendapatkan tiket ke Senayan karena kursi DPR RI dapil dua Sumsel menyediakan sembilan kursi.
“Tentunya, bagi caleg yang masih belum gencar melakukan sosialisasi, wajib hukumnya untuk segera bersosialisasi, entah caleg incumbent maupun pendatang baru. Dipastikan pergolakan elektabilitas antar caleg akan semakin kuat mengingat masih cukup besarnya potensi untuk meraih tiket ke senayan yang menyediakan sembilan kursi,” katanya.#udi
Baca Juga:  Pertamina Geothermal Energy Area Lumut Balai Salurkan CSR Sumur dan Tempat Wudhu di Ponpes Al-Haramain
Komentar Anda
Loading...