Polda Sumsel Ingatkan Wahana Serangan Siber di Pemilu 2024

47
Suasana diskusi bertajuk ‘Peran Media Terkait Pengamanan Siber Jelang Pemilu 2024’ di Hotel Maxone Jalan R Soekamto, Rabu (29/8) yang digelar Jurnalis Online Sriwijaya (JOS) bersama Polda Sumsel.(Bp/Ist)

Palembang, BP- Wahana serangan Siber di Pemilu 2024 masih akan terus terjadi seperti ancaman praktik intoleransi, radikalisme dan terorisme yang sudah terjadi sejak pelaksanaan Pemilu 2019 silam.

“Masih adanya bibit-bibit perpecahan sikap intoleransi, radikalisme dan terorisme di masyarakat selaku pemilih.Tidak tertutup kemungkinan serangan Siber melalui media di Pemilu mendatang masih akan terus terjadi,” kaa Direktur Intelkam Polda Sumsel, Kombes Pol Iskandar F Sutisna,SIK,M.Si saat membuka kegiatan diskusi bertajuk ‘Peran Media Terkait Pengamanan Siber Jelang Pemilu 2024’ di Hotel Maxone Jalan R Soekamto, Rabu (29/8) yang digelar Jurnalis Online Sriwijaya (JOS) bersama Polda Sumsel.

Baca Juga:  Wakil Ketua DPR: PKB dan CPC Miliki Kesamaan Visi Kebangsaan

Menurut Iskandar, hasil patroli Siber Mabes Polri masih di temukan adanya situs-situs yang berisi hal-hal yang berkaitan dengan intoleransi, radikalisme dan terorisme.

“Sumsel juga tidak lepas dari ancaman kelompok-kelompok intoleran, radikal dan teroris. Di buktikan dengan adanya penangkapan beberapa pelaku teroris di beberapa wilayah di Sumsel,” katanya.

Hadir diantaranya Ketua Bidang Hukum PWI Pusat, Oktap Riady, Kadis Kominfo, H Achmad Rizwan dan Panit Unit 3 Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Sumsel, Iptu Abu Hair, Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar.

Baca Juga:  Erisna Dipukul Pakai Palu

Ketua Bidang Advokasi/Pembelaan Wartawan PWI Pusat H.Oktap Riady,SH mengatakan, tahun 2024 sudah semakin dekat. “Kita media akan ikut menjaga keutuhan negara. Jangan sampai timbul perpecahan. Wartawan akan menjalankan tugasnya secara profesional. Kalau mendapat sumber dari media sosial, tentu akan dikonfirmasikan agar berimbang,” katanya.

Sementara, Ketua Umum Jurnalis Online Sriwijaya, Ardhy Fitriansyah menambahkan, kedepan pihaknya akan mengagendakan diskusi serupa dengan mengandeng caleg, tokoh politik dan pemuda.

Baca Juga:  Aksi Imam S Arifin Terekam CCTV

“Diskusi seperti ini kami gelar untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya kepenggunaan digital, karena sebentar lagi akan dilakukan Pemilu dan tahap-tahapannya pun sudah berjalan. Semoga masyarakat bijak, arif dan tidak mudah memposting, sebelum mengetahui kepastiannya, apalagi menciptakan keadaan yang membuat keresahan masyarakat,” katanya.#udi

Komentar Anda
Loading...