Warga Ramai Saksikan Lomba Bidar di Sungai Musi

62
Pemerintah Kota Palembang, menggelar parade perahu hias sekaligus lomba bidar yang dipusatkan di Sungai Musi, Minggu (20/8). Acara ini padat di saksikan oleh masyarakat baik dari kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) , Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI serta masyarakat sekitar  Sungai Musi.(BP/ist)

Palembang, BP- Pemerintah Kota Palembang, menggelar parade perahu hias sekaligus lomba bidar yang dipusatkan di Sungai Musi, Minggu (20/8). Acara ini padat di saksikan oleh masyarakat baik dari kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) , Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI serta masyarakat sekitar  Sungai Musi.

Atau bisa juga menikmatinya melalui siaran live streaming diaplikasi YouTube. Berikut link live streaming lomba bidar dan parade perahu hias Palembang.

 

Perahu hias akan diikuti oleh puluhan perahu yang telah dihias dengan  perwakilan dari OPD, BUMD dan komunitas masyarakat lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Sulaiman Amin mengatakan kegiatan ini pun diramaikan dengan panggung rakyat, dengan artis ibu kota.

Diantaranya penampilan dari Tri Suaka, Fania D Academy, Melane Zee, Sahara Dristy, Kopral Jono dan lain-lain.

Baca Juga:  Syaikh Abdus Samad Al-Palimbani, Ulama Pejuang Yang Terlupakan di Palembang

“Acaranya mulai dari pagi hingga malam. Untuk pagi ada kegiatan senam, lalu lomba parade perahu motor hias, dilanjutkan lomba bidar,” Sulaiman Amin.

Lomba ini menurutnya  bagian terus menghidupkan dan mempromosikan wisata Sungai Musi.

 

“Hal ini dilakukan agar pelaku UMKM ini juga dapat meningkatkan pendapatan mereka, selama berlangsungnya ajang tersebut.Kami menargetkan 50.000 pengunjung yang datang baik Nusantara maupun mancanegara pada ajang bidar dan lomba perahu hias ini,” katanya.

Menurutnya acaranya ini dimulai dari pagi hingga malam.

“Untuk pagi ada kegiatan senam, lalu lomba parade perahu motor hias, dilanjutkan lomba bidar,” Sulaiman Amin.

Nantinya, sembari menunggu pengumuman pemenang bidar, nanti akan kembali diperkenalkan peserta perahu hias satu persatu di depan panggung.

Untuk hadianya ada uang pembinaan, diambil juara satu, dua dan tiga.

Baca Juga:  Rokok-Mikol Ilegal Rp12,1 M Masuk Palembang, Dimusnahkan 

Lalu ada juga harapan satu, dua dan tiga, untuk masing kategori.

Sulaiman Amin mengatakan lomba bidar dan perahu hias tahun ini pesertanya lebih banyak dibanding tahun 2019 lalu.

Peserta bidar yang sudah mendaftar saat ini 9 peserta dan perahu hias 32 peserta.

Jumlah ini bisa saja lebih banyak lagi karena yang mendaftar sebelumnya perahu hias 50 peserta tapi baru terkonfirmasi 32 peserta.

Panitia juga masih membuka kesempatan peserta yang ingin mendaftar.

Sementara itu tahun lalu peserta lomba bidar delapan grup dan perahu hias 25 peserta.

Lomba bidar menurutnya akan dimulai dari bekas dermaga pelabuhan 35 Ilir hingga selesai di depan Benteng Kuto Besak (BKB) dengan jarak sekitar 800 meter.

Penonton bukan cuma hanya melihat perahu di garis finish saja tapi juga bisa menyaksikan langsung jalannya lomba karena akan dipasang layar yang menampilkan perlombaan dari awal sampai akhir.

Baca Juga:  PT KAI Aktivasi Jalur Lokomotif Rel Bergerigi di Ambarawa

“Kriteria lomba hias tahun ini berbeda dengan tahun lalu yakni temanya diserahkan ke masing-masing peserta lomba sehingga mereka bisa mendeskripsikan tupoksinya sendiri. Kalau tahun sebelumnya tema dari panitia sehingga mereka menghias perahu sesuai tema dari panitia,” ujar Sulaiman Amin.

Sulaiman mengatakan kriteria penilaian lomba bidar lebih mudah karena sudah baku yakni peserta paling cepat sampai yang menang.

Sedangkan peserta perahu hias akan dinilai oleh tim independen karena penilaian harus sesuai tema juga indah.

Sulaiman mengatakan event lomba bidar tradisional dan parade perahu motor hias merupakan kegiatan wisata budaya kota Palembang.#udi

 

 

Komentar Anda
Loading...