Nyaleg, Permana: Sebaik-baik Manusia Bermanfaat Bagi Yang Lain

530

PALEMBANG, BP – Para bakal calon legislatif atau eksekutif memiliki niat dan alasan masing-masing saat ingin mencalonkan dirinya di pentas demokrasi, salah satunya Ir H Permana MMA yang ingin menjadi anggota DPRD Sumsel dan akan bertarung di pemilihan legislatif (pileg) 2024 mendatang, agar lebih bermanfaat bagi masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel).

Demikian diungkapkan Permana saat menghadiri acara edisi pertama Swara Kandidat yang digelar lembaga politik Lintas Politika Indonesia di Guns Cafe Jalan Tasik Senin (22/5/2023).

 

Semula Permana bercerita tentang portofolionya yang sudah menjadi sembilan kali kepala dinas di lingkungan pemerintahan di Sumsel, dan menjadi pejabat pemerintahan mulai dari Gubernur Sumsel Syahrial Oesman hingga Herman Deru.

Baca Juga:  Sufmi Dasco : Kekuatan Gerindra di Generasi Muda

Permana menyerap pengalaman dan ilmu dari gaya pemerintahan masing-masing Gubernur, mulai dari  ilmu tentang kepemimpinan, pemerintahan dan birokrasi. “Kita harus akui beberapa pemimpin yang ada di  Sumsel dan Palembang ini indah pada jamannya. Selaku birokrat karir saya tahu gaya kepemimpinan  para Gubernur,” kata pria kelahiran Bandung, 21 Oktober 1959.

Untuk itulah, berbekal ilmu  yang didapatkan dari sepanjang karirnya di pemerintahan  akhirnya Permana memutuskan ingin lebih banyak berbuat untuk masyarakat Sumsel salah satu caranya dengan masuk ke parlemen, yakni menjadi bakal calon legislatif DPRD Sumsel, yang akan bertarung pada pemilihan legislatif 2024 mendatang.

Baca Juga:  PKS Tak Mau Ribut Soal Cawapres Pendamping Anies 

Karena menurut alumni Universitas Muliawarman dan IPB Bogorini, hal terpenting dalam hidupnya adalah terus berkarya untuk masyarakat. “Dari itu saya terobsesi ingin mengabdikan diri untuk masyarakat Sumsel, karena sebaik-baiknya manusia itu yang bermanfaat bagi manusia lainnya,”  Permana berfilosofi.

Untuk diketahui, Permana mengawali karirnya menjadi honorer di Departemen Transmigrasi dan Perambahan Hutan RI pada  tahun 1984. Lalu  diangkat menjadi PNS pada tahun 1986/1987.

 

Pria yang hobi  olahraga Tenis ini  pernah bertugas di  Aceh, Timor-Timur hingga Irian Jaya dalam  kurun waktu 1987-1989. Pernah juga  ditarik Menteri Transmigrasi  menjadi Kepala Seksi Pemetaan dan Sasaran Transmigrasi tahun 1993 – 1995.

Baca Juga:  PBB Sumsel Selesai Lakukan Perbaikan Berkas Bacaleg Di KPU Sumsel

 

Permana mengawali karirnya sebagai birokrat daerah di Sumsel yakni menjadi Kapala Kantor Departemen (Kakandep) Kabupaten OKU di Baturaja, Sumatera Selatan, hingga tahun 2000.

 

Ia pernah menjabat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Sumsel, era Gubernur   Sumsel Mahyudin  hingga  masa Gubernur Sumsel Alex Noerdin dari tahun 2008.

 

Kemudian Permana juga dipercaya menjabat  stafsus Bidang Komunikasi dan Hubungan antar Lembaga di Pemkab Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), dan  sebelum pensiun, Permana menjadi  staf Ahli Pemerintahan, Hukum dan Politik Pemprov Sumatera Selatan.#gus

Komentar Anda
Loading...