748 Pemudik Pengguna Bus, Program Mudik Gratis Sumsel 2023 Diberangkatkan 

24
Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK mendampingi Gubernur Sumsel, H Herman Deru melakukan pelepasan pemberangkatan mudik gratis dengan tujuan mudik dalam dan luar provinsi Sumsel dengan menggunakan moda Bus. (BP/IST)

Palembang, BP- Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK mendampingi Gubernur Sumsel, H Herman Deru melakukan pelepasan pemberangkatan mudik gratis dengan tujuan mudik dalam dan luar provinsi Sumsel dengan menggunakan moda Bus.

Kegiatan ini dilakukan di terminal Alang-alang Lebar Palembang, Kecamatan Alang-alang Lebar Palembang, Rabu (19/4) yang disaksikan para pemudik di dalam bus yang telah di siapkan.
Rombongan pemudik yang dilepas Gubernur Sumsel sebanyak 748 orang penumpang, di antaranya para pemudik tujuan dalam provinsi maupun tujuan luar provinsi dengan jumlah angkutan 19 Bus.
Deru mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumsel ambil peran dalam tradisi mudik lebaran ini karena adanya masyarakat yang berkeinginan mudik lebaran namun terkendala dengan biaya sehingga mereka terbantu dengan program mudik gratis ini.
Selain itu, program ini juga untuk mengantisipasi kemacetan dengan mengurangi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi dan tentu juga menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.
“Kita ambil peranan sedikit tetapi dengan manfaat yang maksimal. Kita doakan para pemudik dapat berangkat dengan selamat dan pulang dengan selamat,” katanya.
Mudik Gratis Sumsel 2023 yang kedua kalinya dilaksanakan dan diperluas sesuai dengan arahan Gubernur Sumsel mulai dari angkutan darat, air dan kereta api melalui kerjasama semua pihak terkait seperti dengan Jasaraharja, Damri Cabang Palembang serta perusahaan lainnya termasuk dibidang pelayanan kesehatan bagi para pemudik.
Deru juga menyerahkan secara simbolis premi asuransi Jasaraharja kepada pemudik dan penyerahan bingkisan Ramadan kepada para crew angkutan.
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumsel Ari Narsa mengatakan, bahwa kegiatan ini dalam rangka memberikan fasilitas kepada masyarakat, yang membutuhkan kendaraan untuk pulang kampung lebaran bersama keluarga.
“Dengan program kita ini dapat mengurangi tingkat kecelakaan kendaraan khususnya sepeda motor. Sehingga dapat menciptakan keamanan dan ketertiban berlalu lintas,” terang dia.
Dirinya menuturkan, bahwa ini merupakan tahun kedua penerapan program mudik gratis, dimana tahun sebelumnya juga dilakukan hal yang sama, yang berbeda tahun ini ditambah dengan transportasi kereta api.
“Program yang kita lakukan ini merupakan inisiasi dari Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengenai memfasilitasi masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. Dan ini tahun kedua penerapan program mudik gratis ini,” katanya.
“Program yang kita lakukan ini merupakan inisiasi dari Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengenai memfasilitasi masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. Dan ini tahun kedua penerapan program mudik gratis ini,” katanya.
Jumlah bus yang disediakan  dalam kegiatan ini yakni 19 bus dengan rincian 12 unit melayani
antar kota, antar kabupaten dalam provinsi Sumsel dengan rute Palembang-Lahat-Pagaralam-Pendopo sebanyak 3 bus, Palembang:-Lahat-Tebing Tinggi sebanyak 2 bus, Palembang-Sekayu-Lubuklinggau-Muratara atau Rupit sebanyak 3 bus.
Kemudian Palembang-Kayuagung-Belitang-Muara Dua sebanyak 1 bus dan Palembang-Muara Enim-Baturaja-Martapura-Muara Dua sebanyak 3 bus.
Untuk Luar provinsi total armada 7 bus, dengan rincian Palembang-terminal Amplas Medan sebanyak 1 bus, Palembang -Padang Sidempuan Sumut sebanyak 1 bus, Palembang-Bukit Tinggi Sumbar sebanyak 1 bus, Palembang:-Solok Lubuk Basung Sumbar sebanyak 1 bus dan Palembang-Terminal Tirtonadi Solo sebanyak 3 bus.
“Dari data yang kita terima untuk penumpang bus sebanyak 748 orang (472 orang dalam provinsi dan 276 orang diluar provinsi), sedangkan penumpang kereta api sebanyak 1.272 orang,” ujarnya.
Untuk Kereta api dilakukan dua rangkaian (Palembang-prabumulih-muara enim-lahat-tebing tinggi-lubuklinggau) dan satu rangkaian berikutnya (Palembang-prabumulih-baturaja-martapura-tanjung karang).
“Dalam program mudik gratis kita ini dijamin asuransi oleh PT jasa Raharja selama 14 hari, diharapkan masyarakat dapat berkumpul bersama dengan keluarganya di kampungnya masing-masing,” ungkapnya.
Ditempat yang sama, Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan berbagai cara untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di wilayah Sumsel.
“Kita telah menyiapkan berbagai kemungkinan pengaman seperti di Jalur Taman Kelapa hingga Betung, yang kita siagakan personel agar dapat mengantisipasi terjadinya kemacetan hingga kecelakaan,” tukasnya.
Turut hadir dalam kegiatan ini Karoops Polda Sumsel Kombes Pol Drs Kamaruddin, Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol M Pratama Adhyasastra, Dirsamapta Polda Sumsel Kombes Pol Budi Mulyanto, Kabidhumas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Supriadi MM, Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Harryo Sugihhartono, Kapolres Banyuasin AKBP Imam Safii, dan Kapolsek Sukarami Polrestabes Palembang Kompol Dwi Satya A.
Kemudian eksternal, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Hilman Hadi SIP MBA M Han, Kepala Jasa Raharja Cabang Sumsel Abdul Haris, Kepala BPTD Wilayah VII Sumsel Babel Denni Michael Adlan, Perwakilan driver armada Bus dan para pemudik dalam dan luar wilayah provinsi Sumsel.#udi
Baca Juga:  PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPI) dan Wartawan Sumsel  Gelar  Buka Bersama 
Komentar Anda
Loading...