Pengadilan Tinggi Nyatakan Putri Candrawathi Pemicu Perbuatan Keji Ferdy Sambo

21

JAKARTA, BP – Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta menyatakan Putri Candrawathi sebagai pemicu perbuatan keji Ferdy Sambo terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Ketua Majelis Hakim Ewit Soetriadi menyebut Putri tidak berusaha mencegah Sambo melakukan perbuatan yang berakibat menghilangkan nyawa Yosua.

“Dalam perkara a quo pembanding dalam hal ini terdakwa telah menjadi pemicu terjadinya perkara ini. Pembanding terdakwa tidak mencegah perbuatan yang akan dilakukan oleh suaminya, Ferdy Sambo, atau setidak-tidaknya mengingatkan untuk tidak melakukan perbuatan keji terhadap Yosua,” kata Ewit Soetriadi dalam persidangan di PT DKI Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Baca Juga:  Presiden Jokowi Tak Mau Intervensi Kasus Sambo

Selain itu, Putri menuruti perintah Sambo untuk membuat laporan palsu terkait peristiwa pelecehan seksual yang dilakukan Yosua terhadap dirinya. Laporan itu dilayangkan ke Polres Metro Jakarta Selatan usai Yosua tewas terbunuh.

“Bahkan pembanding terdakwa atas suruhan Sambo malahan membuat laporan palsu tentang pelecehan terhadap dirinya di Jakarta Selatan setelah terbunuhnya Yosua,” ujar Ewit Soetriadi.

Dalam memori bandingnya, Putri menyatakan keberatan atas vonis yang dijatuhkan oleh majelis hakim tingkat pertama. Putri juga keberatan lantaran tidak ada hal meringankan dalam vonis tersebut.

“Di samping itu hakim telah memperoleh alat bukti secara melawan hukum juga salah mengkualifikasi terdakwa yang akhirnya terdakwa dijatuhi hukuman yang melebih tuntutan penuntut umum,” ucap Ewit Soetriadi.

Baca Juga:  Ferdy Sambo Melawan Tuntutan Jaksa dan Penilaian Publik

Ia menegaskan, vonis 20 tahun penjara yang dijatuhkan terhadap Putri telah sesuai dengan Pasal 340 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).

“Tidak terdapat hal-hal yang meringankan pada diri pembanding terdakwa karena pada diri pembanding terdakwa yang menjadi pemicu awal terjadinya tindak pidana dalam perkara a quo,” ujar hakim.

Putusan yang lebih berat daripada tuntutan jaksa penuntut umum merupakan hal yang umum. Sebab, terhadap setiap tuntutan jaksa, majelis hakim dapat mengambil sikap berupa menjatuhkan hukuman lebih ringan, hukuman yang sama, atau hukuman lebih berat.

Baca Juga:  Putusan Banding Kuatkan Vonis Hukuman Mati Ferdy Sambo

PT DKI Jakarta tetap menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara terhadap Putri Candrawathi dalam kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Majelis hakim pengadilan tingkat banding menguatkan putusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Putri dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum turut serta dalam tindak pidana pembunuhan berencana tersebut.

“Menguatkan Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Nomor 797/Pid.B/2022/PN JKT.SEL tanggal 13 Februari 2023 yang dimintakan banding tersebut,” kata Hakim Ewit Soetriadi membacakan amar putusan. #

Komentar Anda
Loading...