Isabella, SIP, MSi, Dipercaya Kemenkominfo RI Jabat Regional Leader Literasi Digital Regional 4

74
Isabella, SIP, MSi (BP/IST)

Palembang, BP- namanya, Isabella, SIP, MSi yang merupakan dosen di Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) Palembang ini dipercaya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI menjadi Regional Leader Literasi Digital Regional 4 yang meliputi wilayah Jambi, Sumsel dan Bangka Belitung.

Sedangkan untuk wilayah Jambi meliputi Kota Jambi, Kabupaten  Bungo, Kabupaten  Tanjung Jabung Timur, Kabupaten Tanjung  Jabung Barat, Kabupaten  Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Berbagai program edukasi penggunaan internet telah dilakukan pihaknya sejak 18 Mei hingga Desember 2021, wilayah yang menjadi tanggungjawab regional 4 mencakup Provinsi Jambi, Sumatera Selatan dan Bangka Belitung,” kata  Bella,  panggilan akrab wanita yang saat ini sedang menempuh pendidikan S3 ini, Minggu (12/9).

Baca Juga:  Guru Besar Pertanian UGM Nilai Perlu Strategi Alternatif Untuk Libatkan Petani Milenial

Menurutnya, ada 417 even yang akan dilakukan. Even ini dikemas dalam bentuk webinar edukasi penggunaan internet positif.

Kepala Biro Humas dan Promosi Universitas IGM Palembang ini menjelaskan sejak Mei lalu, sejumlah even telah dilakukannya dan sudah mencapai target sebesar 60 persen dari total target yang dicanangkan sebelumnya.

“Sasaran kita semua lapisan masyarakat. Setiap kali webinar menghadirkan minimal 600 peserta,” ujarnya.

Dia menjelaskan, latar belakang hadirnya program Literasi Digital ini karena banyaknya pengguna internet di Indonesia.

“Harapan kita, masyarakat teredukasi dalam menggunakan internet agar terhindar dari ujaran kebencian, penyebar hoaks, bahkan penistaan agama,” tegasnya.

Baca Juga:  Sisima 2021 Hadirkan 91 Pemakalah dari Seluruh Indonesia

Sementara itu, untuk mencapai daerah terpencil, terutama kawasan daya internet yang lemah, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan pihak Kominfo setempat. “Kita ada tim di setiap daerah, tim literasi ini disarankan kerjasama dengan Kominfo kabupaten/kota agar akses internet bisa teratasi,” terangnya.

Isabella mengatakan untuk Edukasi Digital Wilayah Sumatera 1 Regional 4 mencakup Palembang, Prabumulih, PALI, Muara Enim, Empat Lawang, OKU, OKUS, OKUT, Mura dan lain sebagainya.

Sementara di Jambi, mencakup Kota Jambi, Kabupaten Bungo, Tanjung Jagung Timur dan Tanjung Jabung Barat.  “Untuk di Kabupaten Bangka ada di Bangka Selatan dan Bangka Barat. Semuanya alan menjadi sasaran edukasi literasi digital,” terangnya.

Baca Juga:  Dari 216 Dosen UTP, Baru 46 Bergelar S3

Hingga saat ini, ungkap Isabella, edukasi literasi digital sudah menyasar sejumlah elemen masyarakat dari berbagai daerah dengan jumlah mencapai jutaan orang.

Dari 77 kabupaten/kota sasaran edukasi literasi digital tersebut, tambahnya, 1.067.850 penduduk di antaranya terlibat dalam kegiatan webinar melalui 1.763 kegiatan yang telah dirancang sebelumnya. “Kita berharap, masyarakat mendapatkan informasi pengguna internet yang baik. Sehingga internet dapat dipergunakan secara bijak dan positif oleh masyarakat Indonesia,” katanya.#osk

 

Komentar Anda
Loading...