KPU RI Lantik 80 Orang Komisoner KPU Kabupaten/kota di Sumsel

15
BP/IST
Ketua KPU  RI Arif Budiman  saat akan melantik 80 anggota Komisioner  KPU di 16  Kabupaten dan Kota seluruh  Sumatera Selatan (Sumsel) masa jabatan 2019 hingga 2024  di lantai 3 Ruang Semeru, Hotel Horison Ultima Palembang, Senin (7/1).

Palembang, BP

Sebanyak 80 anggota Komisioner  KPU di 16  Kabupaten dan Kota seluruh Sumatera Selatan (Sumsel) masa jabatan 2019 hingga 2024 dilantik Ketua KPU  RI Arif Budiman di lantai 3 Ruang Semeru, Hotel Horison Ultima Palembang, Senin (7/1).

Proses pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Nomor 150-161/PP.06/KPT/05/KPU/1/2019  dan Nomor 163-166/PP.06/KPT/05/KPU/1/2019 tentang Penetapan KPU Kabupaten/Kota Periode 2019-2024.

Pelantikan juga dihadiri oleh dua anggota Komisioner  KPU RI, Evi Novida dan Ilham Saputra, Sekjen KPU RI Arif Rahman Hakim, Kepala Biro SDM beserta jajaran Pejabat di lingkungan Sekertariat KPU RI, Sekertariat Provinsi Sumatera Selatan dan para jajaran Pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

 

Ketua KPU RI Arief Budiman menyatakan,  bahwa tugas komisioner KPU pada pemilu tahun 2019 lebih berat dibanding tahun pemilu sebelumnya.

Baca Juga:  Partai Demokrat , Partai Yang Strategis Maju di Pilkada Palembang Tahun 2023

“Ada amanah yang cukup besar karena pileg dan pilpres 2019 ini sangat penting, berbeda seperti pemilu sebelumnya. Apalagi untuk komisioner yang baru dilantik cuma punya waktu sedikit karena sudah masuk ke tahapan penting dan strategis,” kata  Arief.

Namun demikian, dirinya berharap dengan komisioner KPU yang baru dilantik dapat segera menyesuaikan diri dengan melanjutkan tahapan pileg dan pilpres yang sudah berjalan.

“Diantara komisioner ini pasti sudah punya pengalaman masing-masing baik di tingkat kabupaten kota, tingkat tps dan ada juga yang sudah mengamati pemilu dari luar,” katanya.

Dirinya juga berpesan agar komisioner dapat bekerja dengan transparan, penuh integritas dan harus dengan soliditas.

Baca Juga:  Tonton Konser Sriwijaya Dipta, Alex Nyatakan Bangga

“Banyak sejarah penting tercatat di pileg dan pilpres 2019 ini karena melibatkan anggaran paling besar, mencatat jumlah tps paling banyak dan jumlah personil paling banyak juga. Oleh karena itu, seluruh komisioner harus solid untuk mensukseskan Pemilu 2019,” katanya.

Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana mengatakan para komisioner KPU kabupaten dan kota yang dilantik ini langsung melaksanakan  tahapan pemilu yang tengah berlangsung.

“ Jadi kami harapkan semua mereka siap untuk itu, jadi tidak ada lagi kata belajar, ini sudah langsung jalan, jadi kami di dua hari ini, nanti malam sampai besok akan melakukan pra  orientasi dengan memberikan masukan-masukan , memberikan tantangan apa yang mereka harus harap dan harus langsung dikerjakan, baik tahapan yang sedang berlangsung maupun  tahapan-tahapan yang akan berlangsung,” katanya.

Baca Juga:  SMB IV Apresiasi Novel Fantasi Sejarah, Alea And the Forgotten Empire

Untuk pelantikan komisioner KPU Lahat menurutnya belum tahu kapan akan dilantik, karena akhir masa jabatannya tanggal 13 Januari 2019.

“ Akan bergabung pelantikannya dengan KPU kabupaten kota lain di Jakarta nanti, jika sampai tanggal 13 Januari, KPU Lahat belum dilantik, itu pelaksanaan tugas  penyelenggaraan  pemilu diambil alih  oleh KPU Sumsel,” katanya.

Dan komisioner yang dilantik ini menurutnya hari ini tengah rapat pleno menentukan ketua dan divisi-divisi.

“ Mereka harus segera melakukan monitoring logistik,  masih tentang DPTD dan DPK  terus di supervisi kemudian lagi pengadaan logistik tambahan yang kurang ,”katanya.#osk

 

Komentar Anda
Loading...