Palembang Jadi Primadona Saksikan GMT

8

budaya-sriwijaya-meriahkan-kaa-ke-60Palembang, BP

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, wilayah Indonesia barat berpeluang kecil diguyur hujan saat gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret mendatang.

Cuaca cerah memperbesar kemungkinan masyarakat menyaksikan fenomena yang terjadi 350 tahun sekali ini. Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Irene Camelyn Sinaga mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan acara untuk memeriahkan GMT di Sumsel.

Disbudpar Sumsel mencatat saat ini sudah ada lebih dari 2.000 orang wisatawan nusantara (wisnus) dan 500 wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Palembang menyaksikan GMT. Beberapa negara yang tercatat yakni Singapura, Malaysia, Kanada, Australia, Jepang, Amerika, dan Inggris.

Baca Juga:  Alvin Tiba-tiba Pamit dari PSI

“Kami targetkan wisnus dan wisman bisa isi 4.900 kamar yang ada di Sumsel saat acara GMT tersebut. Bahkan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo sudah konfirm untuk datang,” tutur Irene, Jumat (12/2).

Dirinya menuturkan, pihaknya akan memfokuskan pelaksanaan acara GMT di Jembatan Ampera Palembang, Danau Skiair Jakabaring Sport City Palembang, Desa Upang Banyuasin, Prabumulih, dan Bukit Sulap di Lubuklinggau.

Pihaknya tengah menyusun materi acara untuk GMT, seperti sarapan bersama, pelepasan lampion, pertunjukan seni budaya Sumsel, dan sebagainya.

Baca Juga:  Kacamata Raksasa, Sensasi GMT

“Yang paling istimewa akan ada pertunjukan koreografi dan drama terkait mitos tentang GMT yang ceritanya yakni naga memakan matahari. Akan ditampilkan drama dengan menggunakan naga ukuran panjangnya 18 meter yang saat ini masih dalam proses pembuatan oleh anak-anak SMK N 7 Palembang. Panjangnya 18 meter menyimbolkan Asian Games ke-18 yang akan diselenggarakan di Sumsel 2018 mendatang,” tuturnya.

Salat Gerhana berjamaah akan dilakukan di beberapa lokasi seperti di Kampung Al Munawar dan Masjid Agung Palembang. Sebelum hari-H yakni pada 8 Maret pihaknya akan menyelenggarakan glowing nite run. Selain itu juga akan ada penampilan perahu cantik, dan barongsai yang ditempatkan di Kelurahan 10 Ulu, Pasar 16 Ilir, BKB dan Kampung Kapitan.

Baca Juga:  Shalat Gerhana Matahari di PALI Berlangsung Khusuk

“Kami pun mengundang 16 blogger yang sudah tiba hari ini, dari luar negeri dan dalam negeri untuk mempromosikan wisata Sumsel,” terangnya. #idz

 

Komentar Anda
Loading...