Imigrasi Palembang: Tak ada masalah keimigrasian haji Sumsel-Babel

20

PALEMBANG, BP- Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Mohammad Ridwan menyatakan tidak ada
masalah keimigrasian calon haji asal Sumatera
Selatan dan Bangka Belitung selama pemberangkatan sejak 12 Mei hingga 4 Juni 2024.

“Berdasarkan evaluasi pelayanan pemeriksaan paspor haji asal Sumsel dan Babel yang berangkat melalui Embarkasi Haji Palembang/Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) hingga pemberangkatan terakhir Kloter 19 pada 4 Juni 2024 tidak ada masalah, dan seluruh jamaah sekitar 8.500 orang bisa diterima dengan baik di Tanah Suci Makkah,” kata Mohammad Ridwan, di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, berdasarkan data Kemenag,
pemberangkatan jamaah pada musim haji 1445 Hijriah/2024 melalui Embarkasi Haji Palembang mencapai 8.506 orang, dengan rincian 7.295 orang asal Sumsel dan 1.116 asal Kepulauan Bangka Belitung (Babel), serta 95 petugas haji.

Baca Juga:  ART Ditemukan Tergeletak Tak Bernyawa

Pemberangkatan jamaah dari provinsi tersebut dibagi dalam 19 kloter dalam dua gelombang menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines yang setiap kloter mengangkut 450 orang.

Pelayanan paspor pemberangkatan jamaah gelombang pertama yakni kloter 1-9 telah dituntaskan pada 12-23 Mei 2024 dari Bandara SMB II Palembang langsung ke Madinah.

Pemberangkatan sekitar 4.000 orang gelombang pertama itu, ada tiga kloter jamaah asal Bangka Belitung (Babel) yang diberangkatkan pada 15-18 Mei 2024.

“Sedangkan gelombang kedua kloter 10-19 yang semuanya jamaah asal Sumsel telah diberangkatkan pada 24 Mei hingga 4 Juni 2024 dari Palembang langsung ke Jeddah,” katanya.

Baca Juga:  Narapidana Lapas se-Sumsel Diberi Pelatihan Bersertifikat

Untuk melayani pemeriksaan paspor pemberangkatan calhaj Sumsel-Babel itu pihaknya menyiapkan 75 petugas.

Pemeriksaan paspor/entry data perlintasan jamaah menggunakan sistem manajemen pengawasan wilayah perbatasan (Border Control Management/BCM) dan peneraan cap oleh petugas dilakukan di Asrama Haji Kota Palembang beberapa jam sebelum jadwal keberangkatan, kata Ridwan.

Sementara Plh. Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Rahmi Widhiyanti mengapresiasi Satgas Imigrasi Palembang yang telah sukses menjalankan tugas pelayanan pemberangkatan seluruh jamaah melalui Embarkasi Haji Palembang.

“Seluruh anggota satgas diharapkan dapat memanfaatkan waktu istirahat sejenak dan kembali melaksanakan tugas rutin sambil melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kedatangan jamaah di Bandara SMB II yang dijadwalkan pada 22 Juni – 15 Juli 2024,” kata Rahmi.

Baca Juga:  ABG Dicabuli Usai Nonton Orgen Tunggal

Sebelumnya Kakanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan menjelaskan seluruh jamaah yang diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Palembang kloter 1-19 telah berada di Makkah dan melaksanakan umrah wajib.

Kondisi Makkah saat ini makin padat, oleh karena itu jamaah diimbau agar mengikuti arahan petugas kloter dan PPIH Arab Saudi dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji.

“Saya berharap para jamaah asal Sumsel dan Babel dari Embarkasi Haji Palembang dapat menjaga kondisi fisik dan kesehatan sebaik mungkin menghadapi masa puncak haji di Arafah Muzdalifah, dan Mina,” ujar Kakanwil Kemenag Sumsel Syafitri. #man/rel

Komentar Anda
Loading...