Kunjungi Lapas Lubuklinggau, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Tinjau Pembangunan Gedung dan SAE

10

LUBUKLINGGAU, BP – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Dr. Ilham Djaya melakukan kunjungan kerja ke Lapas Kelas IIA Lubuklinggau, Kamis (2/5).

Kunjungan Kakanwil Kemenkumham Sumsel tersebut didampingi Kepala Divisi Administrasi, Rahmi Widhiyanti ini dalam rangka meresmikan meninjau pembangunan di Lapas Lubuklinggau, juga fasilitas Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) bagi warga binaan.

Kedatangan Kakanwil Ilham beserta rombongan disambut langsung oleh Kepala Lapas Lubuklinggau, Hamdi Hasibuan. Ilham langsung meninjau kondisi fasilitas layanan publik, bangunan kantor, hingga aula yang baru-baru ini selesai di renovasi.

Baca Juga:  Petisi Bumi Sriwijaya Civitas Akademika Universitas IBA Palembang, Serukan Pemilu Jujur dan Adil

Ilham menyampaikan apresiasinya terhadap pembangunan telah dilakukan oleh Lapas Lubuklinggau. “Saya lihat gedungnya sudah semakin bagus, ini bukti bahwa Kalapas ini sangat memperhatikan kenyamanan pengunjung dan pegawainya. Jika pegawai nyaman, pastinya dapat meningkatkan kinerja dari Lapas Lubuklinggau itu sendiri,” ujar Ilham.

Pada kesempatan tersebut, Kalapas Hamdi mengatakan bahwa renovasi gedung ini bekerjasama dengan pihak ketiga dengan memaksimalkan anggaran pemiliharaan yang telah diatur didalam DIPA Lapas Lubuklinggau.

“Seperti atensi Bapak Kakanwil, pembangunan ini dilakukan dengan memerhatikan aspek-aspek kemanfaatan, sehingga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pegawai, warga binaan, dan penerima layanan,” ujar Hamdi.

Baca Juga:  Sambangi Ketua DPRD Pali, Kanwil Kemenkumham Sumsel Terus Dorong Peningkatan Peran Perancang Dalam Pembentukan Produk Hukum Daerah

Selain meninjau bangunan Lapas, Kakanwil beserta rombongan turut meninjau fasilitas SAE di Lapas Lubuklinggau. Hamdi mengatakan bahwa saat ini Lapas Lubuklinggau bekerja sama dengan Dinas Perikanan Kota Lubuklinggau membuat kolam ikan yang dapat dimanfaatkan sebagai sara pembinaan bagi warga binaan. Pada kesempatan tersebut turut dilakukan penebaran benih ikan yang dilakukan langsung oleh Kakanwil dan Kadivmin.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel berharap melalui SAE ini dapat meningkatkan skill warga binaan, khususnya dalam peternakan ikan, sehingga skill tersebut bisa diaplikasikan oleh warga binaan ketika mereka kembali ke masyarakat.

Baca Juga:  Kemenkumham Sumsel Ikuti Konsinyasi Percepatan Tindaklanjut Hasil Pemeriksaan BPK

“Semoga SAE ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal sebagai media pembinaan kemandirian warga binaan untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan Warga sehingga nantinya dapat kembali bekerja sebagai anggota masyarakat yang mandiri, memiliki kreatifitas, tertib, dan bertanggung jawab,” tutup Ilham.

Turur hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Lapas Narkotika Muara Beliti, Ronald Heru Praptama, Kepala Bapas Muratara, Roby Fernandez, dan Kepala Lapas Surulangun Rawas, Torkis Freddy Siregar. (**)

Komentar Anda
Loading...