Warga Desa Pulai  Gading, Muba  Keluhkan Debu Batubara

54
Suasana stockfile dan memanfaatkan dermaga batubara dekat Desa Pulai Gadung, Muba (BP/IST)

Palembang, BP- Kegiatan penambangan batubara di Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), juga berpengaruh terhadap Desa Pulai Gading Kecamatan Bayung Lencir.

Dimana, di Desa Pulai Gading terdapat dermaga atau pelabuhan batubara, serta stockfile batubara.

Dermaga Batubara itu dikelola PT SBL. Sedangkan stockfile yang ada di wilayah Dermaga PT SBL ada sekitar 13 vendor atau perusahaan batubara.

Dimana, perusahaan batubara selaku vendor itu sewa tempat untuk stockfile dan memanfaatkan dermaga PT SBL untuk aktivitas angkutan batubara.

Baca Juga:  Guru Honor Dianiaya Jambret

Dermaga dan stockfile yang telah beroperasi sejak tahun 2011 itu, hanya berjarak tak lebih dari 200 meter dari pemukiman warga.

Ratusan warga Desa Pulai Gading mengeluhkan debu dan penyakit akibat aktivitas dermaga dan stockfile batubara tersebut.

‘’Sudah bertahun-tahun kami menghisap debu batubara ini Pak. Sementara bantuan tidak pernah ada kepada masyarakat,” kata  salah seorang ibu rumah tangga mengaku bernama Zian ini, Rabu (4/10).

Baca Juga:  LRT Butuh 20 Mega Watt

Sedangkan Kepala Desa atau Kades Pulai Gading Sulaiman, didampingi Sekdes Joni S dan Kadus I Zulfikar, membenarkan ratusan warga Desa Pulai Gading sudah terdampak debu batubara tersebut.

‘’Kalau yang terdampak langsung debu batubara itu di Dusun I Desa Pulai Gading sekitar 202 Kepala Keluarga atau KK. Sedangkan di Dusun 3 sekitar 50 KK. Kalau ribuan warga lain terdampak tidak langsung,” kata Sulaiman.

Bahkan, beberapa hari yang lalu, ada dua pasien kena ISPA diduga akibat batubara tersebut. ‘’Yakni sekurit perusahaan dan operator alat berat perusahaan batubara. Keduanya warga Desa Pulai Gading ini,” katanya.

Baca Juga:  Rizky Billar Ditahan sebagai Tersangka Kasus KDRT terhadap Lesti Kejora

Sementara salah satu pengawas PT MMJ yang tak mau disebutkan namanya mengaku dirinya hanya pengawas jalan. Untuk penyiraman jalan selalu dilakukan oleh PT MMJ.

‘’Hanya saja tak ada batasan berapa kali sehari penyiraman. Karena tergantung dari kondisi jalan di PT MMJ ini,” katanya.#udi

Komentar Anda
Loading...