Ribuan Warga OKU Bakal Terima Bantuan Program BPBL

197

BATURAJA, BP – Ribuan warga yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), tahun ini bakal menerima bantuan Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM).

“Setidaknya ada sekitar  1.515 Kepala Keluarga (KK) kurang mampu di Bumi Sebimbing Sekundang ini yang bakal dapat bantuan pemasangan listrik gratis,” ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) OKU, Luqmanul Hakim melalui Subkoordinator Ekonomi Sri Dewabrata, Selasa (11/7/2023).

Baca Juga:  KKN Mahasiswa Diharapkan Membantu Program Pemerintah Desa

Dikatakannya, dalam program ini sebanyak 1.515 KK yang tersebar di enam kecamatan meliputi Sinar Peninjauan, Ulu Ogan, Lengkiti, Lubuk Batang, Sosoh Buay Rayap, Lubuk Raja dengan total 39 desa yang akan menikmati program dari pemerintah pusat itu.

“Bantuan ini diusulkan sebagai penerima bantuan sesuai dengan surat Bupati OKU Nomor:050/XXXIX.04/2023. Bantuan dalam program ini meliputi pemasangan instalasi tenaga listrik, biaya sertifikasi laik operasi (SLO), biaya penyambungan baru ke PLN, dan pengisian token listrik perdana,” jelasnya.

Baca Juga:  FKUB OKU Studi Wawasan ke Cimahi, Bupati Harap Dapat Menambah Pengetahuan

Calon penerima manfaat program BPBL OKU saat ini masih proses verifikasi lapangan (Verpal) oleh pihak PLN Baturaja dan ditargetkan pada Juli 2023 berkas usulan sudah disampaikan ke Kementerian ESDM.

Program BPBL ini, kata dia, akan dikolaborasikan dengan Dinas Perkim OKU melalui program bedah rumah karena tidak sedikit warga yang rumahnya direnovasi belum disertai jaringan listrik.

Baca Juga:  Pencairan Dana Desa Tangsi Lontar Terhambat di Dinas PMD OKU

Dia menjelaskan, program BPBL selain menjadi bentuk kepedulian pemerintah kepada warga kurang mampu, juga sebagai solusi untuk meningkatakan rasio eletrifikasi penggunaan listrik masyarakat.

“Secara umum 98 persen menikmati listrik, kecuali daerah yang sulit terjangkau listrik, seperti talang dan pelosok,” ujarnya. #her

Komentar Anda
Loading...