Inilah Manfaat Minum Kopi Hitam Bagi Tubuh

393

MINUMAN kopi yang mengandung kafein, tidak hanya dipercaya menjadi pencegah kantuk, namun juga dipercaya  membuat tubuh lebih berenergi dan bersemangat.  Satu gelas  kopi hitam ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

 

Hanya saja apapun jenis kopinya konsumsi kopi diharapkan tidak  berlebihan, mengingat  ada efek sampingnya mulai dari  susah tidur pada malam hari hingga  dada berdebar-debar. Konsumsi disarankan  secukupnya agar  manfaatnya didapatkan maksimal.

Baca Juga:  Bupati Banjarnegara Tuding Covid-19 Melonjak Karena Disengaja Rumah Sakit

 

Berdasarkan  beberapa hasil penelitian   kopi hitam memang terbukti bermanfaat, khususnya bagi kesehatan tubuh dengan catatan  dikonsumsi secukupnya.

 

Inilah  beberapa manfaat kopi hitam, dilansir dari platform kesehatan digital Halodoc dan telah ditinjau dr. Rizal Fadli:

 

Pertama, Menjaga Fungsi Otak

Manfaat rutin minum kopi hitam yakni mencegah penurunan fungsi otak. Kopi bisa membantu menurunkan risiko Alzheimer hingga demensia. Bahkan  bisa memperlambat penurunan fungsi otak akibat pertambahan usia.

Baca Juga:  Cegah Stanting Libatkan Tokoh Agama dan Masyarakat

 

Kedua, Meningkatkan Daya Ingat

Kafein dalam kopi hitam dapat  meningkatkan daya ingat, karena  kafein bisa meningkatkan kemampuan otak  menyimpan memori jangka panjang.

 

Ketiga, Mencegah Diabetes

Konsumsi kopi hitam dapat  menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2, karena kafein dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

 

Keempat, Menghindari Depresi

Pencegahan depresi juga menjadi manfaat jika  rutin mengonsumsi kopi hitam, mengingat  kopi hitam  mengandung antidepresan yang bisa menurunkan risiko depresi.

Baca Juga:  Jokowi: Sulitnya Manajemen 'Gas dan Rem' Tangani Pandemi, Salah Sedikit Ekonomi Jatuh

 

Kelima, Membantu Menurunkan Berat Badan

Konsumsi kopi hitam setiap hari juga dapat  membantu bisa meningkatkan sistem metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak, sehingga  penurunan berat badan bisa terjadi lebih cepat.#gus

 

Komentar Anda
Loading...