Pemilu 2024: Anies Ungkap Tiga Agenda Koalisi Perubahan

401

 

JAKARTA, BP – Jelang pemilihan umum (pemilu) 2024, ada tiga agenda perubahan yang sedang difinalisasi Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang mendukung calon presiden (capres) Anies Baswedan, guna menjawab dan mengentaskan persoalan pokok, yang tidak mendapat perhatian penguasa.

 

Capres Anies Baswedan mengatakan, selama Ramadhan 1444 H dirinya melihat potret nyata kehidupan rakyat saat  berkunjung ke Jawa Tengah dan Jawa Timur yang diistilahkannya sebagai Laku Tirakat.

 

Lalu pihaknya menyimpulkan ada tiga agenda perubahan yang sedang difinalisasi Koalisi Perubahan  guna menjawab dan mengentaskan persoalan pokok, mulai dari kemiskinan, mahalnya harga kebutuhan pokok dan minimnya lapangan pekerjaan.

Baca Juga:  Kantongi 34 Ribu Dukungan, Charma Pastikan Maju Pemilihan Walikota Palembang 2024

 

“Tiga persoalan ini yang tidak mendapat perhatian serius dari penguasa untuk diprioritaskan dan dituntaskan,” kata Anies saat jumpa pers bersama Tim 8  KPP di Posko KPP, Jakarta Jum’at (5/5/2023) dikutip dari KBAnews.

 

Menurutnya, dalam perjalanan tirakat kemarin memperkuat keseriusan  pihaknya tentang untuk melakukan perubahan. Beberapa tema utama  akan menjadi agenda yang dibawa pada persoalan yang sangat serius.

 

“Yang (pertama, Red) terkait dengan kemiskinan, yang kedua terkait dengan biaya hidup dan kebutuhan pokok yang harganya tinggi, yang ketiga adalah lapangan kerja,” ujarnya.

Baca Juga:  Perubahan APBD  Sumsel TA 2022 Disepakati Sebesar Rp.10.767 Triliun 

 

Ia menambahkan, jika Koalisi Perubahan  sudah mulai membahas agenda dan substansi perubahan dengan didasari semangat tanggungjawab kepada rakyat, bukan atraksi belaka yang hanya menawarkan percakapan di ruang publik.

 

“Kebiasaan di Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu  melakukan proses dulu baru mengumumkan. Kami tidak biasa mengumumkan, tak jelas prosesnya. Kami biasa proses dulu jalan, nih, baru kemudian keluar menyampaikan. Kenapa? Karena kami ingin bertanggungjawab pada publik,” ucap dia.

 

Pihaknya merasakan sebuah tanggungjawab penting yang  bukan main-main. “Ini bicara tentang bangsa, bicara tentang negara, dan arah kita ke depan. Bukan atraksi-atraksi sekadar untuk menjadi percakapan,” katanya lagi.

Baca Juga:  Fatkurohman: Nomor Urut Partai, Pertarungan Simbol Politik

 

Anies menerangkan,  apa yang dilakukan  Koalisi Perubahan  serius dan dikabarkan ke publik,  dibuktikan dengan menghasilkan dokumen tertulis dalam bentuk kesepakatan formal tiga partai dengan format Piagam Koalisi.

 

“Ini adalah Koalisi yang punya dokumen tertulis. Prosesnya tidak banyak atraksi, ujungnya solusi yang konkrit, ada kesepakatan. Itulah pola yang akan kita bawa terus. Ada hasil yang nyata, ada substansi yang difinalisasikan, dan ada penyampaian kepada publik. Ini sudah kita lakukan sebagai sebuah pola,” kata Anies. #gus

 

 

Komentar Anda
Loading...