20 April Gerhana Matahari, Kemenag Ajak Umat Solat Kusuf

446

JAKARTA, BP –  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut  akan terjadi fenomena gerhana matahari hibrida pada tanggal 20 April 2023 di hampir seluruh wilayah Indonesia. Kemenag ajak masyarakat solat  Kusuf.

 

Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan, Gerhana Matahari atau Kusuf as-Syams diprediksi terjadi pada 20 April 2023, berdasarkan data astronomis, Gerhana Matahari Hibrida akan terjadi di wilayah Indonesia (kecuali sebagian wilayah utara Provinsi Aceh).

Baca Juga:  2023, Kuota Haji Sumsel Sebanyak 7.012 Jemaah

 

Ia menjelaskan, gerhana matahari hibrida terjadi ketika matahari, bulan dan bumi tepat segaris. Gerhana matahari hibrida terdiri atas dua tipe gerhana, gerhana matahari cincin dan gerhana matahari total.

 

Namun di tempat tertentu, piringan bulan teramati dari bumi lebih kecil dari piringan matahari. Sehingga, matahari tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Baca Juga:  Kemenag Ajukan Tunjangan Insentif Guru Madrasah Bukan PNS Total Rp324 Miliar 

 

Sementara di tempat lainnya lagi, piringan bulan teramati dari bumi sama dengan piringan matahari. Sehingga, matahari seakan-akan tertutupi bulan.

 

“Insya Allah, pada 20 April 2023, bertepatan 29 Ramadan 1444 H, akan terjadi Gerhana Matahari Hibrida di seluruh wilayah Indonesia,” kata  Kamaruddin Amin di Jakarta, Selasa (18/4/2023).

 

Menurut Dirjen, Gerhana Matahari Hibrida di Indonesia terjadi paling awal di Jawa Barat, pada pukul 09.26 WIB. Adapun waktu kontak paling akhir akan terjadi di Papua pada pukul 15.30 WIT.

Baca Juga:  Masih Lengkapi Labfor, Polri Minta Masyarakat Tunggu Penyidikan Al Zaytun

 

Kamaruddin Amin mengajak umat Islam  melaksanakan Salat Gerhana Matahari atau Salat Kusuf, sesuai tuntunan syariah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

 

“Kami  mengimbau masyarakat  bertakbir, memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal saleh lainnya, serta mendoakan kesejahteraan dan kemajuan bangsa,” ucap dia.#gus

Komentar Anda
Loading...