Ziarah Kubur Sambut Ramadhan, Doa dan Tata Caranya

86

PALEMBANG, BP – Ziarah kubur bukan ibadah yang dilarang Rasulullah, ziarah kubur boleh dilakukan umat Islam sebagai pengingat tentang hari akhir dan mendoakan orang yang sudah meninggal. Momen ini juga sering digunakan untuk melepas rindu kepada orangtua, saudara, atau rekan yang telah terlebih dahulu dipanggil Allah SWT.

Rasulullah SAW pernah menganjurkan umatnya untuk memanjatkan doa ketika berziarah ke sebuah makam dan menjadikannya sebagai pengingat kematian. Selain itu, memanjatkan doa ziarah kubur pendek juga bisa meningkatkan kualitas ketakwaan kepada Allah SWT.
Lantas bagaimana bacaan doa ziarah kubur pendek? Berikut ini rangkaian doa ziarah kubur pendek lengkap latin dan artinya yang bisa kita amalkan.

Tata Cara Ziarah Kubur 

Sebelum mengetahui doa ziarah kubur pendek, alangkah baiknya juga mengetahui tata cara ziarah kubur yang benar sesuai sunnah. Hal ini penting supaya doa-doa ziarah kubur dikabulkan Allah SWT. Berikut cara ziarah kubur sesuai sunnah:

  1. Berwudhu Sebelum Masuk Makam

Sebelum memasuki pemakaman, sebaiknya kita berwudhu terlebih dahulu. Sehingga saat berada di makam, kita berada dalam kondisi suci. Karena sebaiknya kita dalam keadaan suci ketika membaca doa-doa dan surat-surat dari Alquran untuk mendoakan ahli kubur.

  1. Mengucap Salam Ketika Masuk Makam

Selanjutnya, ucapkan salam saat memasuki pemakaman. Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk mengucapkan salam saat masuk pemakaman. Berikut bacaan salam yang perlu kamu ucapkan saat masuk makam:
السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ
Assalamu‘alaikum dara qaumin mu’minin wa ataakum maa tuu‘adun ghadan mu’ajjalun, wa inna insya-Allahu bikum lahiqun
Artinya:  ” Assalamu’alaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Tuhan yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian.”

  1. Berdoa dan Berdzikir Menghadap Kiblat

Setelah mengucapkan salam, duduklah di dekat makam orang yang akan kamu doakan. Setelah itu mulailah membaca doa dan dzikir ziarah kubur. Kamu bisa mengawalinya dengan bacaan istigfar, tasbih, takbir, tahmid, hingga doa-doa lainnya.

  1. Doa Ziarah Kubur Pendek untuk Almarhum

Ketika sedang berziarah, bacalah doa ziarah kubur pendek untuk almarhum berikut ini:

Baca Juga:  Momen Ramadhan, Manajemen Golden Sriwijaya Tebar Kebaikan

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ
Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu anhu
Artinya: “ Ya Allah! Ampunilah almarhum, berilah dia rahmat-Mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya.”

Selain doa ziarah kubur pendek, ada lagi doa lain yang bisa kamu panjatkan. Doa ini juga masih tergolong mudah untuk dibaca.
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ
Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu anhu wakrim nuzulahu, wa wassi’ madkhalahu, waghsilhu bilmai was salji, wal baradi, wa naqqihi minal khathaya, kama yunaqqas saubul abyadu minad danas. Wa abdilhu daran khairan min darihi wa ahlan khairan min ahlihi, wa zaujan khairan min zaujihi, wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min adzabil qabri, wa adzabin nari.
Artinya: “ Ya Allah! Ampunilah almarhum (jenazah),berilah dia rahmat-mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air, salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.”

  1. Baca Surat-Surat Pendek

Doa ziarah kubur pendek biasanya juga dilengkapi dengan membaca surat-surat dari Juz 30. Di antara surat-surat yang bisa kamu amalkan adalah surat Al-Fatihah, Al-Falaq, dan An-Naas. Hal ini sebagaimana pernah dikatakan oleh Al-Marwazi bin Hanbal:
“ Bila kalian masuk ke dalam taman makan (kuburan), maka bacalah Al-Fatihah, Al-Ikhlas, dan al Muawwidzatain (Al-Falaq dan An-Naas). Jadikanlah pahalanya untuk mayit-mayit kuburan tersebut, karena sungguh pahalanya sampai kepada mereka.”

  1. Tidak Duduk, Menginjak, dan Sholat di Atas Kuburan

Selain membaca doa ziarah kubur pendek, kamu juga perlu memerhatikan adabnya. Salah satunya adalah dilarang duduk dan menginjak bagian atas kuburan.
Jika akan membaca doa, sebaiknya duduklah di samping makam dan tidak menduduki bagian kuburannya. Hal ini sebagaimana hadis riwayat Muslim sebagai berikut:
لَا تَجْلِسُوا عَلَى الْقُبُورِ وَلَا تُصَلُّوا إِلَيْهَا
“ Janganlah kalian sholat (berdoa) kepada kuburan, dan janganlah kalian duduk di atasnya.” (HR. Muslim).

  1. Tidak Melakukan Hal yang Berlebihan

Selain itu, kamu juga dilarang melakukan hal-hal yang berlebihan. Seperti teriak-teriak, sholat, hingga melakukan hal-hal musyrik. Mencium batu nisan dan menangis penuh ratapan di kuburan juga dilarang dalam Islam.

  1. Doa Ziarah Kubur Pendek Jelang Ramadhan

Menjelang bulan Ramadhan, biasanya aktivitas ziarah kubur ramai dilakukan masyarakat Muslim. Apabila Sahabat Dream hendak ziarah kubur sebelum memasuki bulan ramadhan, sebaiknya bacalah doa ziarah kubur berikut ini:

Baca Juga:  Hadirkan Buah Tangan Zaskia Sungkar

للَّهُمَّ أَنْزِلْ فِيْ قَبْرِهِ الرَّحْمَةَ وَالضِّيَاءَ وَالنُّوْرَ، وَالبَهْجَةَ وَالرَوْحَ وَالرَيْحَانَ وَالسُّرُوْرَ، مِنْ يَوْمِنَا هَذَا إِلَى يَوْمِ البَعْثِ وَالنُّشُوْرِ، إِنَّكَ مَلِكٌ رَبٌّ غَفُوْرٌ
Artinya:
“ Ya Allah Ya Tuhan kami, turunkanlah di kuburnya (almarhum fulan) rahmat, sinar, cahaya, kegembiraan, kesenangan, keharuman, dan kebahagiaan sejak hari ini hingga hari kebangunan dan kebangkitan. Sungguh, Kau penguasa, tuhan yang maha pengampun.” #

Komentar Anda
Loading...