Bupati Empat Lawang Dukung Marga di Sumsel Dihidupkan

135
Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad (BP/DUDY OSKANDAR)

Palembang, BP- DPRD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kini tengah membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Marga menjadi peraturan daerah (Perda) hak inisiatip DPRD Sumsel.

Bupati Empat Lawang H  Joncik Muhammad mendukung marga dihidupkan kembali di Sumsel.

“ Tapi akarnya masih panjang, sudah lama, strukturnya sudah rusak  yang dibuat UU No 5/ 79 tentang desa, kalau kita bermimpi kembali  ke marga,   tatanan yang sudah terbentuk sekarang habis galo,artinya kades dak katek lagi , berkaitan dengan dana desa kemano naroknya, merekonstruksi lagi total,” katanya, Minggu (20/2).

Baca Juga:  Personel Polda Sumsel  Bersiap Hadapi Operasi Musi Ketupat

Prinsipnya menurut Joncik spirit marga itu sangat setuju dan bagus tapi habis dengan penyeragaman  yang menganggap seluruh Indonesia sama dengan Jawa melalui UU No 5/ 1979 tentang desa.

“ Matinya ke khasan lokal , potensi lokal, budaya lokal , keragaman lokal habis  oleh UU No 5/ 1979, timbullah  persoalan-persoalan  seperti soal perkebunan , kalau masih konsep marga tidak  ada saling klaim perkebunan , batas marga akan selesai , karena kekuasaan pasirah itu luar biasa , eksekutif, legislatif dan yudikatif ada dengan mereka,  tapi itu tinggal catatan sejarah , kalau kita mau mengembalikan seperti semula  butuh energi luar biasa ,” katanya.

Baca Juga:  PT Pertamina EP Prabumulih Field Berhasil Tambahkan Produksi Melalui Sumur GNK-82/71

Mungkin menurut Joncik kalau mau di hidupkan marga , bukan dalam bentuk pemerintahan tapi dari  sisi budaya.

“Itu runutnya Undang-Undang Simbur Cahaya,  betul-betul ada ke khasan marga  dan itu dijamin oleh Undang-Undang Dasar 1945 pasal 18,” katanya.#osk

 

 

Komentar Anda
Loading...