Posisi Percha di DPR RI Digantikan Irma

682
Amrah Muslimin. (BP/IST)

Palembang, BP- Percha Leanpuri anak sulung Gubernur Sumsel Herman Deru meninggal dunia Kamis (19/8) dan telah dimakamkan Jumat (20/8).

Selama ini Percha  aktif sebagai anggota DPR RI dari Fraksi NasDem untuk periode 2019-2024 .

Ketua KPU Sumsel Amrah Muslimin mengatakan, pengganti antar waktu (PAW) Percha di DPR RI , dipastikan akan diisi oleh Irma Suryani Chaniago.

Pada pemilu legislatif (Pileg) 2019 lalu, Irma berhasil meraih suara tiga besar dari calon anggota legislatif partai NasDem untuk kursi DPR RI dari daerah pemilihan Sumsel 1. Sedangkan urutan keempat ada nama putri Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya yaitu Zaitun Mawardi.

Baca Juga:  Launching Pilgub Sumsel, Siapkan Rekor Muri

Sedangkan pada hasil Pileg tersebut, NasDem berhasil meraih dua kursi di Senayan, yaitu Percha Leanpuri dan Sri Kustina (istri Bupati PALI).

Menurut ketua KPU Sumsel Amrah Muslimin, pergantian antar waktu (PAW) berdasarkan perolehan suara yang terbanyak selanjutnya yaitu Irma.

Mengenai proses nanti, karena DPR RI adalah kewenangan KPU RI, sehingga nanti pusat akan memprosesnya.

Baca Juga:  DPRD Sumsel Terima Dan Setujui Laporan LKPJ Gubernur Sumsel TA 2019

“100 persen (Irma) soal perolehan suaranya secara detil saya lupa. Nanti alurnya, DPP NasDem mengusulkan PAW ke DPR RI dan nanti diteruskan ke KPU RI,” katanya, Jumat (20/8).

Terkait status Irma yang saat ini sebagai Komisaris Independen Pelindo 1, menurut Amrah sepenuhnya kewenangan Partai NasDem dan nanti akan diproses KPU RI.

“Tergantung DPP NasDem sekarang, apalagi memaknai non aktif itu bagaimana, kan DPP sebagai lembaga yang paham AD/ART nya. Bisa saja Zaitun yang diusulkan, kalau non aktif diatur di pasal AD/ART NasDem misalnya,”  katanya.

Baca Juga:  Sosialisasi Pilgub Sumsel Dan Pemilu, KPU Sumsel Libatkan Stekholder Terkait

Sedangkan Ketua Bappilu DPW Partai Nasdem Sumsel Syamsul Bahri memastikan Irma Suryani Chaniago akan menjadi PAW Percha di DPR RI.

“ Prosesnya langsung di DPP Nasdem terkait PAW ibu Percha,” katanya, Jumat (20/8).#osk

Komentar Anda
Loading...