Jadi Anggota DPD RI, Pengurus Parpol Harus Mundur

20
BP/IST
Anggota KPU Sumsel, Alexander Abdullah

Palembang, BP
Setelah Mahkamah Konstitusi mengeluarkan keputusan yang menyatakan larangan pengurus parpol menjadi calon anggota DPD/Senator, Komisi Pemilihan Umum Sumsel meminta calon DPD RI berlatarbelakang parpol untuk mengundurkan diri dari kepengurusan parpol.
Anggota KPU Sumsel, Alexander Abdullah mengatakan, pihaknya akan menjalankan keputusan MK terkait pelarangan bagi pengurus parpol untuk maju sebagai calon senator.
“Yang jelaskan pengurus parpol harus mengundurkan diri,” ujar Alexander, Rabu (25/7).
Menurutnya jika ada pengurus parpol yang maju sebagai calon DPD RI harus menyertakan surat telah mengundurkan diri sebagai pengurus parpol.
Alexander mengatakan, belum tahu pasti berapa jumlah calon senator yang berlatarbelakang pengurus parpol yang mencalonkan diri karena saat ini masih dalam proses verifikasi berkas pencalonan.
“Nanti akan dikoreksi, inikan masih dalam tahap verifikasi, dari verifikasi itu akan kelihatan. Hari ini kita menerima perbaikan berkas dari calon sampai pukul 24.00. Itu (surat pengunduran diri dari pengurus parpol) harus dilampirkan,” jelas Alex.
Menurut Alex, keputusan MK tersebut akan ditindaklanjuti oleh KPU RI dan diikuti oleh KPU Sumsel.
“Calon juga harus mempersiapkan diri, calon pasti akan mengikuti regulasi yang ada. Dan calon harus cepat tanggap,” tukas Alex sembari menambahkan terdapat 33 bakal calon senator yang telah mendaftarkan diri di KPU Sumsel.#osk

Komentar Anda
Loading...