Saatnya Melestarikan Seni dan Budaya Lokal

13

0809.15.02.FerINDONESIA merupakan suatu negara yang sangat kaya akan keanekaragaman budaya, hal ini dikarenakan Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa di mana masing-masing suku   bangsa tersebut memiliki perbedaan dan keunikan. Baik dari segi bahasa daerah, adat istiadat, kebiasaan, dan berbagai hal lain yang memperkaya keanekaragaman dari budaya Indonesia itu sendiri.

Nah, berkaca dari hal itu, Kodam II Sriwijaya berkomitmen untuk melestarikan seni dan budaya lokal yang ada, salah satunya dengan menyediakan Room Of Art atau ruang seni di lingkungan Ajendam II Sriwijaya, Sekojo, Palembang.

Direktur Ajudan Jenderal TNI Angkatan Darat (Dirjenad) Brigjen TNI Erri Herman mengatakan, ruang seni tersebut menjadi embrio (tahapan awal pertumbuhan), bagi seni dan budaya yang ada selama ini, dalam satuan wilayah masing-masing Kodam II Sriwijaya.

Baca Juga:  Pasar Cheng Ho  Belum Ditutup, Pengamat Nilai Sikap Pemkot  Palembang Jadi Pertanyaan Besar

“Soal Room Of Art, ini difasilitasi Kodam II Sriwijaya melalui Ajendam, nantinya bisa memfasilitasi seni dan budaya yang ada, sehingga bisa menjadi embrio kedepan, dan menjadi terdepan dalam membina seni budaya yang ada,” kata Brigjen TNI Erri Herman, selepas meresmikan Room Of Art di Ajendam II Sriwijaya, Rabu (7/9).

Menurut Jenderal bintang satu ini, kunjungan ini demi membina satuan di teritorial Kodam II Sriwijaya. Kemudian dia ingin mengetahui pasti sejauh mana prestasi yang diraih.

Baca Juga:  Ketua MPR: Digitalisasi Pemilu Perlu Dikembangkan

“Di mana tugas saya, salah satunya membina satuan yang ada untuk meningkatkan prestasi seni dan budaya, agar dikembangkan di lokal dan secara nasional budaya yang ada,” ujarnya.

Selain itu, dirinya sendiri menyatakan salut terhadap jajaran Kodam II Sriwijaya, yang telah menorehkan prestasi dari rekor MURI. Diharapkan ini menjadi contoh atau semangat jajaran Kodam lainnya untuk bisa berprestasi.

“Kita tahu, Kodam II Sriwijaya pada akhir 2015 berhasil mendapatkan prestasi dari rekor MURI (pempek terpanjang), dan itu bisa dicontoh Kodam lainnya untuk bisa berprestasi dengan memajukan seni dan budaya di lingkungannya masing-masing,” tandas Erri yang didampingi Kepala Ajendam II Sriwijaya Kol Caj Eko Budi Waluyo.

Baca Juga:  Ketua DPD RI Minta Presiden Dorong Negara G20 Adopsi Pajak Minimum Global untuk Korporasi

Dalam kesempatan itu juga, Brigjen TNI Erri melakukan penanaman pohon dan penaburan benih ikan, di lingkungan Ajendam II Sriwijaya.

“Kami juga peka terhadap lingkungan hidup, sehingga kita juga menanam pohon dan menabur benih ikan di sini agar terus lestari,” pungkasnya.

#osk

 

Komentar Anda
Loading...