Imigrasi Palembang tuntaskan pemeriksaan paspor 1.116 calhaj Babel

12

PALEMBANG, BP– Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang, Sumatera Selatan, telah menuntaskan pemeriksaan paspor untuk pemberangkatan 1.116 calon haji (calhaj) asal Bangka Belitung (Babel) melalui Embarkasi Haji Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang ke Madinah.

“Pemberangkatan calhaj Babel tiga kelompok terbang (kloter) telah selesai dilakukan beberapa hari terakhir, hari ini petugas libur tidak ada pemberangkatan dan dilanjutkan kembali fokus pemberangkatan calhaj asal Sumsel pada 21 Mei hingga 4 Juni 2024,” kata Ketua Satgas Pemberangkatan Haji Imigrasi Palembang Adep Yoenoes, di Palembang, Ahad.

Dia menjelaskan pemberangkatan calhaj Babel dimulai pada 15 Mei 2024 tergabung dalam Kloter 4 dengan jumlah 445 orang dan lima orang petugas pendamping. Kemudian pemberangkatan pada 17 Mei 2024 tergabung dalam Kloter 5 dengan jumlah 445 orang dan lima petugas pendamping.

Baca Juga:  Resedivis Narkoba Dibekuk di Jalan Sultan Mansyur

Pemberangkatan pada 18 Mei 2024 tergabung dalam Kloter 6 merupakan kloter gabungan calhaj Sumsel 219 orang dan Babel 226 orang menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines dari Palembang ke Madinah.

Pemberangkatan calhaj Sumsel dan Babel pada musim haji 1445 Hijriah/2024 dibagi menjadi dua gelombang. Gelombang pertama yakni Kloter 1 – 9 mulai 12 – 23 Mei 2024 berangkat dari Palembang ke Madinah. Sedangkan gelombang kedua Kloter 10 -19 mulai berangkat pada 24 Mei hingga 4 Juni 2024 dari Palembang ke Jeddah.

Sementara Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Mohammad Ridwan menambahkan pihaknya menurunkan tiga tim untuk melayani pemberangkatan calhaj asal Sumsel dan Babel yang dijadwalkan berangkat melalui Embarkasi Haji Bandara SMB II pada 12 Mei hingga 4 Juni 2024.

Baca Juga:  Kemenkumham Sumsel Lakukan Pembinaan dan Evaluasi 49 Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Lahat

Pemeriksaan paspor/entry data perlintasan calhaj menggunakan sistem manajemen pengawasan wilayah perbatasan (Border Control Management/BCM) dan peneraan cap oleh petugas dilakukan di Asrama Haji Kota Palembang.

“Untuk melakukan pelayanan pemeriksaan paspor 8.506 calon haji asal Sumsel dan Babel yang tergabung dalam 19 kloter itu diturunkan tiga tim dengan anggota masing-masing tim 25 orang,” ujar Ridwan.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya mengapresiasi Satgas Imigrasi Palembang yang sepekan ini telah menjalankan tugas pelayanan kepada calhaj dengan baik.

“Dengan melihat pelayanan keimigrasian sejak pemberangkatan perdana JCH, saya optimistis kegiatan pelayanan keimigrasian di Embarkasi Haji Palembang bisa dilakukan dengan baik pada saat pemberangkatan hingga 4 Juni dan pemulangan pada 22 Juni hingga 15 Juli 2024,” katanya.

Baca Juga:  Tersengat Listrik Saat Menyetrum Ikan, Makcik Tewas

Sebelumnya Kepala Bidang PHU Embarkasi Haji Palembang Armet Dachil menjelaskan tahun ini dari Bandara SMB II diberangkatkan 8.506 calon haji dengan rincian 7.295 orang asal Sumsel dan 1.116 asal Kepulauan Bangka Belitung, dan 95 petugas haji dibagi dalam19 kloter.

“Sebelum berangkat ke Tanah Suci, para calon haji akan menginap satu malam di asrama haji untuk menjalani proses pemeriksaan kesehatan, pembagian gelang, dan penyerahan biaya hidup (living cost),” ucapnya. #man/rel

Komentar Anda
Loading...