Narapidana Lapas Kayuagung Terima Penguatan Ideologi Pancasila dari Kepala BPIP

40

 

KAYUAGUNG, BP-Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIB Kayuagung menerima sosialisasi penguatan pembinaan ideologi Pancasila Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Selatan serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ogan Komering Ilir (OKI), Bertempat di aula Lapas Kayu Agung, pada Selasa (27/02/2024).

Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman kepada petugas Lapas serta warga binaan pemasyarakatan (WBP) tentang nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi nasional Indonesia.

Acara tersebut turut dihadiri langsung oleh Kepala BPIP RI didampingi Sekertaris Utama BPIP RI dan Deputi Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP RI. Selain itu turut hadir Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya, dan Pj. Bupati OKI beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ogan Komering Ilir (OKI),

Kakanwil Kemenkumham Sumatera Selatan, Dr Ilham Djaya menyampaikan pihaknya mengucapkan rasa terima kasih kepada Kepala BPIP RI yang telah mau hadir dan memberikan sosialisasi mengenai pentingnya memperkuat pemahaman ideologi Pancasila sebagai landasan negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di salah satu UPT Pemasyarakatan yang ada di wilayah Sumsel.

Baca Juga:  Modus Bertamu Minta Air Minum

“Penguatan ideologi Pancasila tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga seluruh elemen masyarakat, termasuk petugas Lapas dan warga binaan pemasyarakatan,” ujar Kakanwil Ilham Djaya.

Sementara itu, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D mengatakan pihaknya menjelaskan tentang pentingnya menjaga keutuhan ideologi Pancasila di tengah dinamika masyarakat yang semakin kompleks.

“Menjalankan tugas sehari-hari berupa pelayanan kepada warga binaan dengan mengedepankan sila ke-2 Pancasila. Perlakukanlah orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan. Begitu pula sebagai warga binaan, kita menyadari atas kesalahan yang kita perbuat. Kita meminta ampun kepada Tuhan Yang Maha Esa, kepada orang-orang yang kita salahi, dan dengan tulus ikhlas menjalani hukuman dengan penuh kesadaran dan penerimaan,” ungkap Prof Yudian.

Baca Juga:  PIN Emas  Diberikan Untuk Personel Polda Sumsel Berprestasi

Prof Yudian menyebut, bahwa Ini juga merupakan bagian dari implementasi nilai-nilai Pancasila yang menjunjung tinggi hokum sebagai kesepakatan social demi ketertiban dan keamanan bersama.

Ditempat yang sama, Kalapas Kayu Agung, Jepri Ginting menuturkan pihaknya juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Kepala BPIP RI yang telah berkenan hadir dan menekankan pentingnya menciptakan lingkungan di dalam Lapas yang mendukung pembinaan ideologi Pancasila.

“Kita semua, baik petugas maupun narapidana, memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa nilai-nilai Pancasila selalu terwujud dalam segala aspek kehidupan di dalam Lapas ini,” ujar Jepri.

Menurutnya, bahwa acara sosialisasi ini mencerminkan upaya serius pemerintah dan lembaga terkait dalam memperkuat pemahaman dan implementasi ideologi Pancasila di berbagai lapisan masyarakat, termasuk di dalam lembaga pemasyarakatan.

“Kita berharap melalui langkah-langkah seperti ini, akan tercipta masyarakat yang lebih kokoh secara ideologis dan memiliki kesadaran yang lebih tinggi akan nilai-nilai kebangsaan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Muhammad Kece Dianiaya Rekan Satu Sel, Pelakunya Diduga Irjen Napoleon

Setelah acara di aula Lapas selesai, para tamu undangan pun diarahkan menuju Sarana Asimilasi & Edukasi Lapas Kayu Agung untuk melihat kebun dan melakukan latihan menembak dilapangan tembak Lapas Kayu Agung, serta adanya kegiatan pelepasan bibit ikan di kolam pembesaran ikan milik SAE Lapas Kayu Agung.

Dengan diselenggarakannya sosialisasi ini, diharapkan pemahaman dan kesadaran akan ideologi Pancasila semakin meningkat baik di kalangan petugas Lapas maupun warga binaan pemasyarakatan, sehingga mampu menciptakan lingkungan yang lebih harmonis dan berkualitas di dalam Lapas Kelas IIB Kayu Agung.

Dalam kegiatan tersebut hadir juga Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumsel, Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Palembang, Kalapas Kelas IIA Tanjung Raja, Kepala Rupbasan Kelas I Palembang, dan Kasubbag Humas RB dan TI Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan. #man/rel

Komentar Anda
Loading...