Optimalkan Pengelolaan Zakat, BAZNAS PALI Gelar Sosialisasi Bersama OPD

114

PALI, BP–Sebagai bentuk keseriusan Pengurus Baznas Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dalam meningkatkan pengumpulan zakat di Bumi Serepat Serasan pada tahun 2024, Baznas Kabupaten PALI menggelar kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Zakat, Infaq, Sedekah, dengan seluruh kepala OPD se Kabupaten PALI sekaligus menunjuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di setiap OPD, Jumat (22/12).

Kegiatan yang bertempat di ruang rapat Pemda Kabupaten PALI tersebut selain dihadiri Dr M Erlin Susri S. Sos, M.Pd.I, Muhammad Nopriansyah ST, Irwansyah, Dharsosno, Aman Rohman juga dihadiri langsung oleh Sekda Kabupaten PALI Kartika Yanti SH MH, Asisten I Haji Andre, Kabag Kesra Usmanto, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kecamatan Tanag Ubi, serta para seluruh Kepala OPD se-Kabupaten PALI

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah (Sekda), Kabupaten PALI, Kartika Yanti SH MH, mengajak para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang beragama Islam di lingkungan Pemkab PALI, menyalurkan zakat dan infak melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten PALI.

Baca Juga:  Sosialisasikan Prabowo Presiden, Alfaro Sebut Kader Gerindra Harus Turun dan Bantu Warga

“Dengan adanya sosialisasi dari Baznas hari ini, kami berharap optimalisasi zakat dan infak yang bersumber dari ASN yang beragama Islam di lingkungan Pemkab PALI harus mendapatkan dukungan, sehingga pencapaian yang di harapkan bapak Bupati dan Baznas PALI bisa tercapai,” katanya

Ia menyampaikan, dukungan dari ASN dibutuhkan karena berpotensi meningkatkan capaian pengumpulan jumlah zakat dan infak. Sehingga bisa lebih banyak meringankan beban masyarakat.

Menurut dia, selain kewajiban Umat Islam dalam berzakat, karena zakat dan infak memiliki manfaat dan dampak yang cukup besar dalam meringankan beban masyarakat yang membutuhkan.

“Sudah sepatutnya ASN di lingkungan Pemkab PALI secara rutin menyalurkan zakat yang bersumber dari rezeki dan pendapatan ke Baznas, apa lagi zakat itu selain kewajiban Umat Muslim, Zakat juga merupakan salah satu kunci dalam penyelesaian segala urusan maslah yang ada,” tambanya

meskipun kepengurusan dan aktivitas Baznas sebelumnya sempat vakum, namun tidak mengurangi semangat kebersamaan para pengurus yang baru dalam membangun Organisasi Baznas yang sekarang untuk lebih baik lagi dengan banyak banyak melakukan sosialisasi.

Baca Juga:  Komite II DPD RI Minta Pusat dan Daerah Serius Tangani Pengelolaan Sampah

“Pran aktif Baznas Kabupaten PALI perlu ditingkatkan dengan banyak banyak bersosialisasi, kepada seluruh instansi yang ada di Kabupaten PALI, seperti hari ini, sehingga Baznas ada perannya, dan ke depan program kerja Baznas dengan program kerja Pemerintah Daerah bisa kolaborasikan,” lanjut Sekda.

Ketua Baznas Kabupaten PALI Dr Erlin Susri mengucapkan terimakasih atas bantuan Pemkab PALI dibawah pimpinan Dr Ir H Heri Amalindo MM, yang telah memfasilitasi Baznas Kabupaten PALI untuk melakukan Sosialisasi kepada seluruh Kepala OPD Pemkab PALI, dalam mengoptimalkan pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi lainnya yang terkait.

“Tentu kami ucapakan terimakasih ke pada Bapak Bupati PALI Dr Ir H Heri Amalindo MM, yang telah memfasilitasi Baznas Kabupaten PALI untuk melakukan Sosialisasi kepada seluruh Kepala OPD Pemkab PALI, kami bisa mensosialisasikan regulasi berupa Instruksi Presiden (Inpres) dan Peraturan Bupati (Perbub) PALI, No. 8 Tahun 2021 tentang Zakat Infaq dan Shodaqoh bagi PNS dan Non PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten PALI,” terangnya.

Baca Juga:  Lapor Ke Komisi I DPRD Sumsel , Warga RT 19 Sako Baru Minta Komplek Avila Buka Blokade

Dalam kesempatan itu juga, Ia berharap agar terjadi peningkatan kesadaran masyarakat tentang berzakat Infaq dan Shodaqoh melalui BAZNAS kabupaten PALI, sehingga target BAZNAS Kabupaten PALI pada tahun 2024 minimal mencapai 1 Miliar

“Kami yakin BAZNAS PALI akan mampu menjalankan tujuan dan fungsi BAZNAS untuk Masyarakat Kabupaten PALI, apa lagi kita di 2024 menantang menargetkan minimal 1 miliar, karena Kami Komisioner BAZNAS ini sifatnya membantu bagi mereka yang wajib zakat untuk mengumpulkan dan menyalurkannya melalui Amil Zakat. Amil zakat itu bagian dari Ulil Amri (petugas yg ditunjuk pemerintah) dalam hal ini adalah BAZNAS, sesuai perintah Al Quran. ” Pungkasnya (Habib)

Komentar Anda
Loading...