Kemenkumham Sumsel Dukung Peningkatan Kompetensi Pegawai Melalui Berbagai Pelatihan

43

JAKARTA, BP-Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sumatera Selatan, Dr. Ilham Djaya mengikuti Rapat Koordinasi Capaian Kinerja Tahun 2023 di JS Luwansa Hotel pada hari Minggu-Selasa, 26-28 November 2023 yang diselenggarakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM.

Peserta Rakor tersebut diantaranya para Sekretaris Unit Eselon I, Kepala Kantor Wilayah, dan Kepala Divisi Administrasi seluruh Indonesia. Rapat koordinasi yang dirangkaikan dengan Penyusunan Target Kinerja BPSDM Hukum dan HAM Tahun 2024 ini direncanakan akan dibuka oleh Menteri Hukum dan HAM hari Senin, 27 November 2023.

Kepala BPSDM Hukum dan HAM, Iwan Kurniawan dalam arahannya menyampaikan bahwa BPSDM Hukum dan HAM memiliki tanggung jawab dalam hal pengembangan kompetensi pegawai.

Baca Juga:  2 Perampok Toko Emas Diringkus

“Kementerian Hukum dan HAM memiliki 11 unit eselon I sehingga berbagai jenis pelatihan teknis diperlukan untuk mengembangkan kompetensi setiap pegawai”, ungkapnya pada sesi pengarahan.

Kepala BPSDM mengatakan bahwa dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, BPSDM didukung oleh Kementerian/Lembaga lainnya dan telah bekerja sama dengan 23 Balai Diklat di seluruh Indonesia.

Melalui rapat koordinasi ini, Kepala BPSDM meminta masukan dari berbagai pihak untuk menentukan pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan guna memaksimalkan pengembangan kompetensi pegawai.

“Adanya masukan dimaksud, pada akhirnya BPSDM dapat merencanaan dan menyusun roadmap pelatihan, sehingga akan terukur kebutuhan pelatihan dan anggaran termasuk didalamnya sarana dan prasarana yang dibutukan untuk menunjang terlaksananya pelatihan”,pungkasnya.

Baca Juga:  Lapas Sekayu Kemenkumham Sumsel Bina Fisik dan Mental CPNS Baru

Dengan demikian diharapkannya, program pelatihan yang disusun akan relevan, efektif, dan sesuai dengan tuntutan dinamika bidang hukum dan hak asasi manusia.

“Langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa pengembangan kompetensi pegawai secara keseluruhan dapat mendukung efisiensi dan keunggulan kinerja di Kementerian Hukum dan HAM”, ujar Iwan.

Sementara Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya disela-sela kegiatan menyatakan bahwa pihaknya terus berkomitmen meningkatkan kualitas SDM yang berkompeten melalui berbagai jenis pelatihan. “Kami mendukung program-program BPSDM Hukum dan HAM untuk peningkatan kompetensi SDM Kementerian Hukum dan HAM”, katanya.

Baca Juga:  Dua Pria Ini Di Grebek Polisi Saat Asyik Gunakan Sabu

Menurut Ilham program-program tersebut diantaranya Penilaian Kompetensi pegawai, pembelajaran secara daring melalui Aplikasi Massive Open Online (MOOC), merupakan pembelajaran jarak jauh yang bersifat fleksibel yang dapat diakses oleh seluruh ASN Kemenkumham, serta berbagai pelatihan-pelatihan klasikal yang telah dilakukan sepanjang tahun 2023.

Pada kegiatan Rakor BPSDM tersebut Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya didampingi oleh Kadiv Administrasi, Rahmi Whidyanti, Kasubbag Kepegawaian, TU, dan Rumah Tangga, Bulan Mahardika Subekti. #man/rel

Komentar Anda
Loading...