BPHN Raih Anugerah Prestisius Kategori Hukum dalam Gatra Awards 2023

44

JAKARTA, BP-Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM (BPHN Kemenkumham) memperoleh penghargaan prestisius dalam Gatra Awards 2023 yang berlangsung di Hotel Grand Sahid Jaya, Jumat (17/11/2023). Dalam acara yang melibatkan berbagai sektor, BPHN berhasil menyabet penghargaan kategori bidang hukum. Anugerah ini diterima BPHN atas program perluasan bantuan hukum bagi individu dan kelompok rentan di Indonesia yang mendapatkan penghargaan Open Government Partnership Awards 2023 di Tallin, Estonia.

Kepala BPHN, Widodo Ekatjahjana, yang menerima langsung penghargaan ini mengungkapkan rasa syukurnya atas anugerah Gatra Awards 2023. Menurutnya, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas dedikasi BPHN Kemenkumham dalam mendorong transparansi, keterbukaan, dan pemberian akses keadilan bagi masyarakat kurang mampu dan kelompok rentan di Indonesia.

Baca Juga:  Dianiaya ,  Buruh Harian Ini Lapor Polisi

“Kami mewakili Kementerian Hukum dan HAM mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan anugerah dari Gatra Media Group. BPHN memiliki salah satu program access to justice, sebuah amanah dari Presiden agar masyarakat miskin dan kelompok rentan mendapatkan ruang serta akses keadilan yang lebih baik melalui bantuan hukum gratis,” jelas Widodo ketika menyampaikan sambutan penerima penghargaan.

Atas keberpihakannya terhadap masyarakat miskin dan kelompok rentan tersebut, program bantuan hukum gratis juga mendapatkan apresiasi pada forum internasional Open Government Partnership 2023 di bulan September silam.

“Alhamdulillah, program bantuan hukum meraih predikat terbaik untuk kawasan Asia Pasifik dalam ajang tersebut dan menjadi model bagi negara lain untuk mengembangkan program bantuan hukum kepada masyarakat miskin dan kelompok rentan,” pungkas Widodo.

Baca Juga:  Katim Reserse Narkoba Polresta Bawa 1 Kilo Shabu

Sebagai informasi, Gatra Awards merupakan bentuk apresiasi Gatra Media Group kepada institusi negara dan swasta serta lndividu atau Kelompok yang membuat inovasi, mendorong transformasi, melakukan reformasi, serta berkontribusi nyata dalam melakukan berbagai aktivitas nyata lewat program-program peningkatan level dan standar Environmental, Social, and Corporate Governance (ESG) sehingga memperkuat komitmen untuk pembangunan yang keberlanjutan selama tahun 2023.

Penganugerahan ini diberikan kepada 23 penerima penghargaan atas dedikasi dan komitmen mereka dalam membangun negeri. BPHN merupakan pemenang Gatra Awards 2023 dalam bidang hukum, bersama dua pemenang lainnya, yakni Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Dalam upayanya mewujudkan akses keadilan bagi kelompok masyarakat rentan, BPHN telah mengambil langkah strategis dengan melibatkan lebih dari 6.200 advokat dan 5.700 paralegal tergabung dalam Pemberi Bantuan Hukum (PBH) terakreditasi. Data terbaru mencatat bahwa selama tahun 2022, lebih dari 9.000 orang menerima bantuan hukum litigasi, mencakup berbagai lapisan masyarakat, termasuk perempuan, anak-anak, dan orang dengan disabilitas.

Baca Juga:  Dituduh Korupsi, Sekda Palembang Melapor

Dengan total anggaran program sebesar Rp 56,3 miliar, pemerintah berharap dapat terus memperluas dampak positif program ini, merangkul lebih banyak individu dan kelompok rentan yang sering kali kesulitan mendapatkan akses keadilan. Keberhasilan BPHN dalam Gatra Awards 2023 semakin mengukuhkan komitmen pemerintah Indonesia dalam membangun sistem hukum yang inklusif dan berpihak pada keadilan. (Kanwil Kemenkumham Sumsel). #man/rel

Komentar Anda
Loading...