Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih

32
Presiden Joko Widodo meresmikanPresiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra di Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatra Selatan, pada Kamis, 26 Oktober 2023. Jalan tol yang dibangun sejak tahun 2019 tersebut memiliki panjang 64,5 km Jalan Tol Indralaya-Prabumulih yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra di Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatra Selatan, pada Kamis, 26 Oktober 2023. Jalan tol yang dibangun sejak tahun 2019 tersebut memiliki panjang 64,5 km (BP/IST)

Palembang, BP-Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra di Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatra Selatan, pada Kamis, 26 Oktober 2023. Jalan tol yang dibangun sejak tahun 2019 tersebut memiliki panjang 64,5 km.

“Pada hari ini alhamdulillah Jalan Tol Indralaya-Prabumulih sepanjang 64,5 km telah selesai dan segera dioperasikan,” ujar Presiden dalam sambutannya, Kamis (26/10).

Presiden mengatakan bahwa jalan tol tersebut menelan biaya investasi yang cukup besar, yaitu Rp12,5 triliun. Namun, Presiden meyakini kehadiran jalan tol tersebut akan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat jika produktivitasnya terus ditingkatkan.

Baca Juga:  Camat Dukung Penuh Perda Pesta Rakyat

“Artinya apa? Jalan tol ini harus disambungkan dengan kawasan pertanian, sambungkan dengan kawasan wisata, sambungkan dengan kawasan perkebunan, sambungkan dengan kawasan industri, ini manfaatnya akan sangat besar sekali,” ungkap Presiden.

Presiden juga menjelaskan bahwa pemerintah akan membangun jalan tol sepanjang 2.800 km di Pulau Sumatra. Pembangunan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kecepatan mobilitas barang dan jasa serta meningkatkan daya saing Indonesia dengan negara lain.

“Saya berikan contoh, tadi malam saya bertemu dengan para tokoh masyarakat, tokoh agama, beliau-beliau menyampaikan: ‘Pak dulu dari Palembang ke Lampung itu memakan waktu 10-12 jam, sekarang 3,5 jam sudah bisa. Terjadi sebuah kecepatan yang luar biasa seperti ini,” ucap Presiden.

Baca Juga:  Komisi I DPRD Sumsel Sebut , 30 Hektar Lebih Lahan Milik Pemprov  Samping PT Pusri Dikuasai Warga

Meski demikian, Presiden menyebut bahwa jumlah tersebut masih tertinggal jauh dengan negara lain seperti Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yang saat ini telah memiliki 280 ribu km jalan tol. Presiden pun menyatakan komitmen pemerintah untuk terus meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan tol di seluruh Indonesia.

“Itu yang ingin kita kejar agar kita bisa bersaing dengan negara-negara lain, stok infrastruktur kita harus terus kita tingkatkan, bisa dengan jalan APBN, bisa dibangun BUMN, bisa dibangun swasta, tiga-tiganya paralel kita kerjakan,” tutur Presiden.

Baca Juga:  Kepala SKK Migas Tinjau PHR War Room dan Inspeksi Pengeboran WK Rokan

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi turut meresmikan Jalan Layang (flyover) Patih Galung, Kota Prabumulih, Provinsi Sumatra Selatan.

Turut mendampingi Presiden dalam peresmian ini adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Pj. Gubernur Sumatra Selatan Agus Fatoni, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar, dan Pj Wali Kota Prabumulih H. Elman.#udi

Komentar Anda
Loading...