Pemprov DKI Jakarta Gelar  Jakarta Travel Fair 2023 di Gelar di Palembang, Kejar Target 30 Jutaan Wisatawan Nusantara

115
Suasana Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal Sarkomi, Ketua Asita Sumsel Anton Wahyudi , Kepala Dinas Pariwisata dan Ekraf Provinsi DKI Jakarta di wakili Kepala Bidang Pemasaran  dan Atraksi  Dinas Pariwisata dan  Ekraf Provinsi DKI Jakarta, Sherli Yuliana, Perwakilan Askindo yang merupakan Ketua Panitia dan juga organize Patner JTF 2023 Hanley Budiman saat memberikan penjelasan  wartawan, Rabu (18/10). (BP/udi)

Palembang, BP– Dorong peningkatan kunjungan wisatawan di Jakarta, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar acara tahunan Jakarta Travel Fair (JTF) 2023.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini juga bertujuan untuk mempromosikan keunikan serta keragaman yang ada di DKI Jakarta sekaligus dalam rangka mendukung program Pemerintah Pusat BBWI – Bangga BerWisata di Indonesia dengan target 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara.

Hadir Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal Sarkomi, Ketua Asita Sumsel Anton Wahyudi , Kepala Dinas Pariwisata dan Ekraf Provinsi DKI Jakarta di wakili Kepala Bidang Pemasaran  dan Atraksi  Dinas Pariwisata dan  Ekraf Provinsi DKI Jakarta, Sherli Yuliana, Perwakilan Askindo yang merupakan Ketua Panitia dan juga organize Patner JTF 2023 Hanley Budiman.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekraf Provinsi DKI Jakarta di wakili Kepala Bidang Pemasaran  dan Atraksi  Dinas Pariwisata dan  Ekraf Provinsi DKI Jakarta, Sherli Yuliana menjelaskan pemilihan tiga kota kegiatan ini salah satunya di Palembang penentuannya dari industry pariwisata itu sendiri.

“ Jadi  kami disini bersinergi baik dengan Asita, Astindo dan travel agen lainnya bahwa kami membuka masukan dan saran dari rekan-rekan stekholder , kira-kira apa yang mau kita grab , wisatawan mana  yang mau kita ajak untuk meningkat kunjungan ke Jakarta, jadi pemilihan kota sesuai dengan segmen atau pasar dari para stekhoder sehingga promosi kami tepat sasaran dan apa yang sudah ditargetkan sebelum tahun sebelumnya kunjungan nusantara ke Jakarta itu sekitar 18, 9 juta  setelah pandemic, sebenarnya sebelum pandemic bisa sekitar 30 jutaan wisatawan nusantara ke Jakarta, namun memang dalam masa pemulihan pasca pandemic Covid-19 sampai dengan September ini   sudah ada wisatawan nusantara  di Jakarta sudah berkisar 23 ,8 juta ke Jakarta, dan disitu kami masih masih memerlukan effort cukup kuat untuk bisa kembali memulihkan  target wisatawan nusantara seperti tahun sebelum ada Covid-19,” katanya kepada wartawan usai membuka  Jakarta Travel Fair 20239 di Hotel Harper , Palembang, Rabu (18/10).

Baca Juga:  Jateng Dijatah 5.000 Homestay, 5.000 Toilet Bersih

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal Sarkomi mengaku bangga dan berterima kasih dipilih untuk tempat  acara promosi JTF 2023.

“ Ini kali kedua  dan saya bangga ,” katanya.

Selain itu menurut Aufa,  Sumsel sebelumnya sudah melakukan promosi dengan nama South Sumatera Explore di Hotel Borobudur selama satu bulan dengan menampilkan semua potensi Sumsel melibatkan 17 kabupaten kota.

“ Baru-baru ini kami melakukan hal yang sama di  Batam, karena kami menganggap Batam adalah pintu gerbang, jadi kalau Jakarta saya kita ini motivasi , Jakarta yang sudah terkenal masih promosi  apalagi kami yang belum ada apa-apanya,” katanya.

Kegiatan ini menjadi informasi yang menari bagi Sumsel dengan kedepan pihak Perbankan juga harus juga dilibatkan termasuk Bank Sumselbabel.

“ Saya Speedless juga, bangganya bukan ucapan tapi memang bangga benar Palembang ditunjuk sebagai promosi JTF 2023 dan sekaligus banyak kemiripan Jakarta dan Palembang, hanya memang suasananya saja yang berbeda dan kami jujur paling tidak paling tidak ada yang kami curi , artinya apa yang bisa kami tiru, karena kita selalu pakai ATM, Amati, Tiru dan Modifikasi, jadi jangan marah kalau ada sesuatu hal yang bagus menurut kami , yang kami tiru tapi tidak sama dengan DKI,” katanya.

Ketua Asita Sumsel Anton Wahyudi menambahkan anggotanya siap menjadi buyer dan sudah mendapatkan informasi dari panitia yang datang besok .

“ Jadi semoga besok acara berjalan dengan baik dan kita terima para saler yang hadir juga ,” katanya.

Ketua Panitia dan juga organize Patner JTF 2023 Hanley Budiman mengatakan, Asosiasi Travel Agent Indonesia atau Astindo diajak untuk mengorgenize JTF 2023 di tiga kota besar yaitu Palembang (18-22 Oktober 2023), Surabaya (1-5 November 2023), dan Lampung (15-19 November 2023).

Pihaknya mengajak pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta dari lintas sektoral yakni travel agent/tour operator, hotel, transportasi, pemandu wisata, destinasi wisata, maskapai penerbangan (City Link , Garuda, Lion Group, Lion Air, Batik Air , Wing Air , Super Air Jet dan Pelita Air), toko souvenir, pengrajin batik, dan sebagainya, yang akan memberikan harga khusus selama pameran ini. Para travel agent pun akan memperkenalkan paket-paket wisata unik dan baru seperti 46 rute walking tour, door to door package, student program, island hopping, dan lain-lain.

Baca Juga:  Tersangka Modus COD di Tangkap

“ Jadi airlane ini ini akan memberikan harga yang tidak pernah ada baik di Online maupun diluarsana pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu, juga a pemberian lucky draw berupa tiket dan voucher,” katanya.

Peserta JTF melibatkan Peserta JTF 2023 di Palembang kali  ini diramaikan Oleh  Safa Tour, Xpose Leisure Jakarta, Amazing Batik Tour, Sido Travel, Jakarta Good Guide, Wisata Kreatif Jakarta, Coconut Vacation,  Ancol, PT. Aryan Indonesia (Kidzania Jakarta) , Moja Museum, Ra Suites Simatupang, EL Hotel Jakarta, Orchardz Hotel Group,  Santika Indonesia Hotels & Resorts, Favehotel Ltc Glodok, Intiwhiz International, Royal Palm Hotel & Conference Center Cengkareng, Favehotel Gatot Subroto Jakarta, Liberta Hotel Kemang, Ashley Wahid Hasyim, Ibis Jakarta Senen, Triniti Hotel Jakarta, Hotel Grand Dafam Ancol Jakarta, Century Park Hotel Jakarta, Mercure Jakarta Batavia, PT Weha Transportasi Indonesia Tbk  (White Horse Group), Asha Beach Club & Resort, Monoloog Hotel Jakarta Pasar Baru, Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (Ppk Gbk), PT. Sahabat Liburan Indonesia/ Partner Holidays, PT. Ainon Untung Lestari  ( Ainon Groups).

Lanjutnya, sejumlah pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta dari lintas sektoral turut berpartisipasi dalam acara ini seperti travel agent/tour operator, hotel, transportasi, pemandu wisata, destinasi wisata, maskapai penerbangan, toko souvenir, pengrajin batik, dan sebagainya.

Ditambahkan Andhika, sejumlah maskapai penerbangan seperti Citilink, Garuda, Lion Group (Batik Air, Lion Air, Super Air Jet, Wings Air), dan Pelita Air turut serta mendukung kegiatan JTF 2023 melalui pemberian doorprize tiket dan promosi harga khusus selama pameran.

“Tentunya dalam event pameran ini akan ada penawaran dengan harga spesial untuk paket-paket wisata unik dan baru seperti 46 rute walking tour, door to door package, student program, island hopping, dan lain-lain,” ujarnya.

Baca Juga:  Lapangan Tergenang Air, Timnas All Star Tetap Pesta Gol

Dalam kegiatan JTF 2023 ini ada banyak penawaran menarik untuk berwisata ke Jakarta, antara lain paket Walking Tour dan menginap di Jakarta dengan harga hanya Rp999 ribu. Ada diskon 50%  untuk tour Asha Beach Club & Resort, Kidzania dan Moja Museum.

Selain itu juga ada promo Jakcation seharga Rp299 ribu, dengan menginap 2 malam, dan mendapat voucher di sejumlah tempat wisata seperti di Old Shanghai Sedayu City di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Ancol dan Sea World. Ditambah lagi ada acara Student Trip, Door to Door Jakarta Tour, dan melengkapi perjalanan, wisatawan dapat berkunjung ke Pulau Seribu, seperti Pulau Tidung selama 4 hari 3 malam.

Dalam rangkaian kegiatan JTF 2023 ini juga akan diselenggarakan kegiatan corporate gathering, destination presentation, business networking untuk memberikan kesempatan bagi peserta pameran/exhibitor dari Jakarta menginformasikan tentang kemajuan, keanekaragaman, keunikan kota Jakarta, agar dapat dipertimbangkan menjadi destinasi pilihan untuk perjalanan korporasi, sekolah, dinas, BUMD, serta masyarakat di di luar Jakarta.

Selain pelaku pariwisata tercatat sejumlah bank juga ikut serta dalam JTF 2023 seperti Bank DKI, BCA, BNI, BRI, dan Mandiri juga dengan memberikan dukungan, berupa potongan harga sebesar Rp 300.000 untuk minimum pembelanjaan Rp 3.000.000 dan bonus-bonus seperti E-money.

Perusahaan telekomunikasi dengan jaringan terkuat seluruh Indonesia – Telkomsel, juga turut berpartisipasi dalam event JTF 2023.

Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif DKI Jakarta turut memboyong Abang dan  None Jakarta sebagai duta pariwisata DKI Jakarta. Kegiatan JTF 2023  di Palembang Trade Centre juga akan dimeriahkan oleh Rony Parulian Idol dan Syarla Idol .

Di tahun 2023 Pendapatan asli daerah Provinsi DKI Jakarta di sektor hotel, Restoran dan Hiburan sampai 18 september 2023 sudah hampir memenuhi target  dengan pencapain sebesar  Rp4.732 trilun  dari Target APBD 2023 yaitu senilai Rp5.8 triliun.#udi

Komentar Anda
Loading...